Jawa Pos

Warga Usir Ratusan Dump Truck

Tuntut CSR Rekanan Proyek Tol Manker

-

MAGETAN – Desa Gunungan, Kartoharjo, kembali bergejolak. Kemarin (16/4) warga setempat kembali melakukan protes.

Mereka memblokade jalan yang dilalui ratusan dump truck bermuatan galian C. Warga juga memasang sejumlah poster bernada kecaman.

Pemicunya, pihak PT Waskita Karya NgawiKerto­sono (WK NK) 1 dinilai ingkar janji. Rekanan proyek tol Mantingan– Kertosono (Manker) itu tidak kunjung memberikan dana kompensasi kepada warga yang terdampak debu meski pada 29 Maret lalu disepakati perjanjian bantuan corporate social responsibi­lity (CSR).

’’Padahal, mereka (pihak WK, Red) sudah janji,’’ ujar Yahbu Pambudi, salah seorang warga.

Budi –sapaan akrab Yahbu Pambudi– menjelaska­n, saat mediasi di base camp WK akhir Maret lalu, disepakati pemberian CSR bagi warga terdampak debu. Namun, hingga deadline Sabtu lalu (15/4), bantuan tersebut tidak kunjung turun.

’’Kesepakata­n yang telah dibuat seolah tidak ditanggapi,’’ ucap Budi. Warga Gunungan, tambah dia, sebenarnya mengapresi­asi langkah WK menambal jalan dengan mengguna- kan cor. Meskipun, sejumlah titik belum tersentuh dan pengerjaan­nya dinilai kurang rapi.

Hanya persoalan kompensasi CSR yang masih mengganjal. Warga mempertany­akan raihan penghargaa­n peringkat II Indonesia CSR Awards (ICSRA) 2017 WK untuk kategori perusahaan terbuka pada Maret lalu.

Pantauan Jawa Pos Radar Magetan menyebutka­n, sejumlah poster terpasang di dua titik di Desa Gunungan, berbatasan dengan Karangmojo dan Kartoharjo. Selain larangan angkutan tol melintas, beberapa poster bertulisan, antara lain, ’’ Waskita Ingkar Janji’’, ’’ Waskita Ngapusi Wong Cilik”, dan ’’ CSR Waskita Bohong?’’.

Pihak WK Ngawi–Kertosono (NK) 1 menuding ada pihak yang sengaja memelesetk­an kesepakata­n 29 Maret lalu. Begitu juga halnya dengan tudingan warga Desa Gunungan yang menyebut WK telah ingkar janji. ’’Apa yang terjadi hari ini (kemarin, Red) berbeda dengan yang dulu (hasil kesepakata­n),’’ ujar Kepala Lapangan Seksi 2 WK NK 1 I Gusti Nengah Sutartha.

Sutartha menjelaska­n, dalam kesepakata­n 29 Maret lalu, pemberian dana corporate

social responsibi­lity (CSR) tidak bisa langsung diberikan. Saat itu pihaknya masih memerlukan persetujua­n dari WK pusat. Lalu, untuk mencari tahu persetujua­n tersebut, warga memberikan tenggat. ’’Tapi, tahu-tahu hari ini (kemarin, Red) kok ada yang menyebut kami ingkar janji,’’ katanya. (cor/isd/c4/diq)

 ?? ANDI CHORNIAWAN/JAWA POS RADAR MAGETAN ?? PUTAR ARAH: Kendaraan dump truck dari barat Desa Karangmojo belok ke utara atau langsung ke tol tanpa melintasi Desa Gunungan.
ANDI CHORNIAWAN/JAWA POS RADAR MAGETAN PUTAR ARAH: Kendaraan dump truck dari barat Desa Karangmojo belok ke utara atau langsung ke tol tanpa melintasi Desa Gunungan.
 ?? ANDI CHORNIAWAN/JAWA POS RADAR MAGETAN ?? PROTES: Sejumlah poster dipajang di ruas jalan yang selama ini dilewati dump truck.
ANDI CHORNIAWAN/JAWA POS RADAR MAGETAN PROTES: Sejumlah poster dipajang di ruas jalan yang selama ini dilewati dump truck.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia