Jawa Pos

Tumbang di Kandang Pinjaman

-

MALANG – Persiba Balikpapan mengawali pekan pertama Liga 1 dengan negatif. Bermain di Stadion Gajayana, Malang, sebagai kandang sementara mereka selagi pembanguna­n Stadion Batakan dalam tahap penyelesai­an, tim berjuluk Laskar Beruang Madu itu dikalahkan Persija Jakarta 0-2 kemarin.

Memang tidak mudah bagi Persija mengalahka­n Persiba. Mereka baru mendapatka­n keunggulan pada menit ke-55 melalui gol Luiz Carlos Junior. Lalu, pada menit ke-71, lagi-lagi Persiba kebobolan. Gol tersebut berawal dari bola muntah tembakan Junior yang kemudian dimanfaatk­an dengan baik oleh Rudy Widodo. Kekalahan tersebut mengecewak­an pelatih Persiba Timo Scheuneman­n. ’’Hasil latihan sama sekali tidak terlihat,’’ jelas Timo.

Menurut dia, pergeseran pemain dan pressing yang kendur membuat lini belakang Persiba sering ditembus Persija yang dapat memanfaatk­an celah dengan baik. ’’Persija yang menguasai sayap sebenarnya telah kami antisipasi saat latihan. Tapi, karena kesalahan dalam pertanding­an, pertahanan kami tetap dapat ditembus,’’ kata mantan tactician Persema Malang itu.

Timo menilai pressing yang kendur membuat pemain Persija leluasa membawa bola. Itu turut meningkatk­an kepercayaa­n diri pemain Persija sehingga mental mereka semakin kuat. Pelatih 43 tahun tersebut menjelaska­n, kendurnya pertahanan Persiba disebabkan pertahanan bagian sayap yang seharusnya 3 lawan 3 menjadi 3 lawan 2.

Sejak laga dimulai, kedua tim bermain dengan ketat. Tapi, Persija lebih mendominas­i penguasaan bola. Persiba lebih pasif dan menjadi target serangan. (mg-21/ary/jpg/c23/ham)

 ?? IPUNK PURWANTO/MALANG POST ?? HAJAR: Striker Persija Rudy Widodo (kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Persiba di Stadion Gajayana, Malang (16/4).
IPUNK PURWANTO/MALANG POST HAJAR: Striker Persija Rudy Widodo (kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Persiba di Stadion Gajayana, Malang (16/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia