Jawa Pos

Kalahkan Team Order Mercedes

Vettel Juara Dua Kali di Tiga Race Perdana

-

BAHRAIN – Persaingan di F1 2017 semakin menarik. Itu menyusul kemenangan kedua bintang Ferrari Sebastian Vettel dalam tiga seri pertama. Semalam pembalap asal Jerman tersebut menjadi kampiun pada GP Bahrain yang berlangsun­g di Bahrain Internatio­nal Circuit, Sakhir.

Dengan kemenangan ketiganya di Bahrain dan ke-44 sepanjang karirnya itu, Vettel berada di puncak klasemen sementara dengan meraih 68 poin. Dia hanya unggul 7 poin di depan bintang Mercedes Lewis Hamilton yang tadi malam menempati posisi runner-up.

Race tadi malam merupakan cerminan pertarunga­n sengit dua Mercedes melawan satu Ferrari. Mercedes sampai tiga kali mengubah strategi balapan dan mengeluark­an team order untuk melawan Vettel.

Mercedes meminta Valtteri Bottas yang start dari pole position memberikan jalan kepada Hamilton agar bisa bertarung dengan Vettel. Mobil pembalap Inggris itu memang terbukti lebih kencang untuk bisa berduel dengan Vettel. Setelah harus mengejar ketertingg­alan 10 detik pada 12 lap terakhir, Hamilton harus mengakui ketangguha­n sang rival.

Salah satu faktor yang membuat Mercedes berantakan adalah Hamilton mendapatka­n penalti lima detik karena memperlamb­at mobil saat masuk ke pitlane. Penalti itu dijatuhkan pada pit stop terakhir.

Vettel finis lebih cepat 6,660 detik di depan Hamitlon. Sementara itu, podium terakhir diamankan Bottas yang finis 20,937 detik di belakang Vettel. Hasil tersebut sekaligus membuktika­n bahwa Ferrari tidak hanya cepat di suhu panas, tetapi juga ketika dingin. Bottas juga gagal menjadi kuda ketiga dalam balapan tadi malam. ‘’Ini adalah hasil yang sangat luar biasa. Ini adalah hari yang indah. Ketika pada lap terahir melesat kembang api, saya semakin menyadari saya suka apa yang saya laku- kan,’’ kata Vettel di podium.

‘’Saya ingin memberikan selamat kepada Sebastian. Saya sudah memberikan segalanya yang kami bisa. Namun Ferrari melakukan pekerjaan yang luar biasa hari ini,’’ timpal Hamilton. (cak/c4/nur)

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia