Jawa Pos

Hari Ini 41.600 Murid SMP Ikuti USBN

-

SURABAYA – Hari ini ujian sekolah berstandar nasional (USBN) SMP digelar. Ujian yang baru tahun ini diterapkan itu akan diselengga­rakan hingga Rabu (19/4). Persiapan sudah matang. Baik sarana-prasarana maupun motivasi kepada siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Ikhsan menyatakan, ada 374 SMP dan MTs yang menyelengg­arakan USBN. Jumlah pesertanya mencapai 41.600 siswa. Ikhsan menyebutka­n, persiapan USBN sudah optimal. Pada USBN ini, lanjut dia, persiapan dilaksanak­an sejak jauh-jauh hari

’’Sejak penyelengg­araan ujian sekolah,’’ jelasnya.

Ujian sekolah berbasis komputer itu berlangsun­g lancar. Karena itu, dia optimistis USBN juga berjalan lancar. Terkait dengan problem yang akan muncul, sudah ada proktor dan teknisi di tiap-tiap sekolah. Ada juga pengamanan berupa help desk dari Dinas Pendidikan Surabaya. Proktor utama di wilayah-wilayah Surabaya juga stand by.

Kepala SMPN 3 Budi Hartono mengungkap­kan, ujian akan dilaksanak­an dalam tiga sesi per hari. Sudah ada 120 unit komputer yang akan digunakan untuk ujian. Demikian pula 20 komputer lain yang disiapkan sebagai cadangan. ’’Kami siap, ada tiga server utama yang akan dipakai dan satu server sebagai cadangan,’’ ungkapnya.

Sebanyak 301 siswa kelas III SMPN 3 diharapkan hadir dan mengikuti USBN dengan baik. Mereka juga diajak menorehkan prestasi sebaik-baiknya. Sebab, prestasi merupakan salah satu ukuran hasil belajar. Siswa harus berkompeti­si secara sehat dan jujur. Apalagi, USBN merupakan salah satu kriteria kelulusan siswa.

Dalam kegiatan pembelajar­an sehari-hari, sekolah sudah menyiapkan siswa secara akademis dan mental. Termasuk peningkata­n mutu dan bimbingan belajar di sekolah. Peningkata­n mutu dilakukan secara terusmener­us pada Senin–Kamis pada jam-jam tertentu. ’’Biasanya pada awal jam, ini tidak mengurangi jam pelajaran,’’ ucapnya.

Selain itu, ada tutor sebaya yang dirasa efektif untuk menjaga semangat siswa dalam belajar. Tutor sebaya bisa menghilang­kan kejenuhan yang sewaktu-waktu melanda para siswa. Sebab, mereka belajar dengan sesama rekan sendiri.

Kegiatan yang dilakukan setiap Jumat tersebut diharapkan bisa memotivasi siswa. Kesulitank­esulitan dalam belajar pun diharapkan bisa teratasi. ’’Ada empat siswa konselor per kelas, bisa lebih, dan bisa berputar, bisa juga lintas kelas,’’ ujarnya.

Dari segi keilmuan, pihaknya juga membekali siswa dengan pemberian materi pelajaran oleh para guru yang berkompete­n. Saat pagi, ada morning report kapabilita­s guru. Guru juga memberikan motivasi kepada siswa.

Ujian sesi pertama pada hari ini dimulai pukul 08.00. Pihaknya mengajak siswa datang lebih awal. Sebab, satu jam sebelum siswa masuk, ada doa dan relaksasi. ’’Supaya siswa tidak terbebani dan bisa lebih rileks,’’ tuturnya.

Sementara itu, SMPN 45 menyediaka­n 110 komputer. Termasuk komputer cadangan. Jumlah peserta yang akan mengikuti USBN tahun ini mencapai 307 siswa. Pelaksanaa­nnya akan dibagi dalam tiga sesi.

Sejak ujian sekolah berbasis komputer (USBK) selesai, sekolah memberikan soal-soal latihan dan materi yang berkaitan dengan pelajaran USBN. Yakni, IPS, PAI, dan PPKn. ’’Selain itu, kami mengajak siswa, wali murid, dan guru-guru berdoa bersama,’’ jelas Kepala SMPN 45 Triworo Parnoningr­um.

Untuk persiapan perangkat, proktor dan teknisi melakukan pemeriksaa­n jaringan komputer. Mulai server hingga komputer klien. Jaringan listrik dan internet juga terus dijaga agar tidak terjadi kendala ketika ujian berlangsun­g.

Triworo menyatakan, para proktor dan teknisi siaga setiap saat. Kemarin mereka melakukan sinkronisa­si pukul 16.00. Setelah itu, proktor dan teknisi terus memantau perkembang­annya.

Melalui wali kelas beserta guru bimbingan konseling, sekolah meminta kerja sama para orang tua. Khususnya untuk memantau keberadaan, kesehatan, dan keselamata­n putra-putri mereka menjelang USBN. Dengan begitu, saat hari pelaksanaa­n ujian tiba, seluruh siswa bisa hadir sehingga tidak ada yang ikut susulan. ’’Semoga ikhtiar ini bisa mendorong kesuksesan siswa,’’ katanya. (puj/ant/c23/git)

 ?? AHMAD KHUSAINI / JAWA POS ?? SIAP UJIAN: Tanzil Hani Wiyatno melakukan sinkronisa­si komputer untuk penyelengg­araan USBN di SMPN 43.
AHMAD KHUSAINI / JAWA POS SIAP UJIAN: Tanzil Hani Wiyatno melakukan sinkronisa­si komputer untuk penyelengg­araan USBN di SMPN 43.
 ?? AGAS PUTRA HARTANTO/JAWA POS ?? TAK BISA DIPAKAI: Atap gedung SDN Kapasan 3 ambrol karena dilalap api. Pemkot memperbaik­i secepatnya.
AGAS PUTRA HARTANTO/JAWA POS TAK BISA DIPAKAI: Atap gedung SDN Kapasan 3 ambrol karena dilalap api. Pemkot memperbaik­i secepatnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia