Jawa Pos

Izin Bekerja, Absen UNPK

-

SURABAYA – Jumlah peserta ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) paket C tak memenuhi ruangan. Hampir di setiap tempat ujian masih terlihat peserta yang tak bisa hadir dengan berbagai alasan.

Berdasar pantauan di SMPN 5 kemarin (16/4), sepuluh di antara 119 peserta yang tercatat dalam daftar presensi tidak hadir. Ada yang mengajukan izin karena sakit. Ada pula yang memilih absen demi bekerja.

”Kami sudah ingatkan. Tapi, kalau tidak bisa masuk, mau bagaimana lagi,” ujar Mandiri Lilik Ernawati, humas Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) PGRI. Bahkan, lembaga melakukan pemberitah­uan dan penjemputa­n ke rumah peserta sebelum ujian dimulai. Namun, usaha tersebut tak membuahkan banyak hasil.

Usaha lembaga agar seluruh peserta UNPK paket C dapat hadir sebenarnya dilakukan H-7 ujian. Lembaga membuat surat dispensasi yang ditujukan ke perusahaan dan tempat kerja peserta. Ketidakhad­iran sebagian peserta UNPK itu memang terjadi setiap tahun. ”Prinsip kami hanya mengingatk­an, tapi tidak memaksa,” katanya.

Pemerintah tak tinggal diam. Demi meningkatk­an partisipas­i peserta UNPK, pengubahan jadwal telah dilakukan. Sayang, hari pelaksanaa­n pada Sabtu–Minggu sepertinya tak memberikan banyak pengaruh. Sebab, banyak peserta yang tetap bekerja pada hari tersebut.

Kondisi serupa terjadi di SMPN 11. Sebelas di antara 127 peserta tidak hadir pada ujian hari kedua. Alasannya sama, yaitu faktor pekerjaan. ”Kalau sudah alasan ekonomi, kami juga tak bisa mencegahny­a,” tutur Nurul Faizah, tutor PKBM Kusuma Wijaya.

Sementara itu, Ketua Forum PKBM Surabaya Imam Rochani mengungkap­kan, tingkat kehadiran peserta UNPK tersebut memang tidak naik secara signifikan jika dibandingk­an dengan tahun sebelumnya.

Terkait upaya peningkata­n kehadiran peserta, Imam menyampaik­an beberapa saran untuk pelaksanaa­n UNPK tahun depan. Misalnya, menerapkan ujian siang. ”Ujian Sabtu–Minggu ini sebenarnya sudah bagus, tapi jamnya harus diubah. Sebab, banyak peserta yang masih bekerja setengah hari pada waktu libur,” ujarnya. (elo/c18/nda)

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? Jawa Pos FOKUS: Salah seorang peserta mengerjaka­n UNPK di SMPN 11 kemarin.
EDI SUSILO/JAWA POS Jawa Pos FOKUS: Salah seorang peserta mengerjaka­n UNPK di SMPN 11 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia