Jawa Pos

Ruang Baca Terbuka untuk Pengunjung PN

-

SURABAYA – Pengadilan Negeri (PN) Surabaya punya solusi bagi orang yang bosan menunggu giliran sidang. Mereka bisa memanfaatk­an waktu dengan menyambang­i perpustaka­an.

Layanan perpustaka­an tersebut terletak di lantai 1 gedung baru PN Surabaya, tepatnya di depan lift. Di dalamnya ada sekitar 2 ribu buku yang ditata rapi pada dua rak. Selain buku tentang hukum, ada buku-buku lain yang dapat dinikmati semua kalangan.

Buku-buku itu berasal dari arsip lama sejak sebelum reformasi. Ada pula buku yang disumbangk­an para hakim. Bukan hanya perpustaka­an, di lantai 2 disediakan ruang baca. Terdapat kursi dan meja untuk memudahkan membaca buku. Dengan begitu, pembaca tidak perlu terus berdiri.

Wakil Ketua PN Surabaya Sumino menuturkan, program ruang baca tersebut memang baru. Sebelumnya, hanya ada perpustaka­an. Namun, perpustaka­an itu hanya diperuntuk­kan hakim dan karyawan PN. ’’ Yang baru ini kami buka untuk umum,” katanya.

Layanan perpustaka­an dan ruang baca kini bisa dinikmati pengunjung pengadilan. Gratis. Mereka cukup meninggalk­an kartu identitas. Namun, buku-buku di sana hanya bisa dibaca di tempat. Pengunjung tidak diperboleh­kan menyewa atau membawanya pulang. ’’Kami tak mau ambil risiko,” ujarnya.

Sumino mengaku men- setting ruang baca sedemikian rupa agar pengunjung merasa nyaman. Jadi, mereka dapat berlama-lama di sana. ’’Ini tidak hanya untuk internal PN Surabaya. Pengunjung bisa memanfaatk­annya. Semoga saja kerasan,” ucapnya.

Sumino menambahka­n, pihaknya membuka hibah buku dari pihak ketiga. Tujuannya, koleksi buku makin komplet dan beragam. ’’Silakan, selama memang tidak ada imbalan yang diharapkan,” tuturnya. (aji/c18/fal)

 ?? FAJRIN MARHAENDRA/JAWA POS ?? TERTATA: Sumino (kiri) dan Riris W., salah seorang pengunjung, di perpustaka­an PN Surabaya. Perpustaka­an tersebut memiliki dua ribu koleksi buku.
FAJRIN MARHAENDRA/JAWA POS TERTATA: Sumino (kiri) dan Riris W., salah seorang pengunjung, di perpustaka­an PN Surabaya. Perpustaka­an tersebut memiliki dua ribu koleksi buku.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia