Jawa Pos

Cintai Hobi Dapat Menjadi Pekerjaan

-

SIDOARJO – Sebanyak 200 anak muda Sidoarjo berkumpul di ruang seminar Gedung D Universita­s Muhammadiy­ah Sidoarjo (Umsida) kemarin pagi (16/4). Mereka mengikuti diskusi bersama kiat menjadi pengusaha sejak muda. Sarah Fitria Ramadiani, top 11 Wirausaha Muda Mandiri Surabaya 2015, dan Juni Kuswanto, Best Indonesia Socioprene­ur Challenge (ISoC) Internatio­nal, menjadi narasumber.

’’Jadikan hobi kalian sebagai pekerjaan kalian,’’ ajak Sarah kepada peserta. Dengan begitu, pekerjaan tidak akan berat. Bahkan membuat ketagihan.

Misalnya, yang punya hobi desain grafis bisa menjadikan­nya pekerjaan. Caranya, harus aktif mencari orang yang ingin membuat desain. ’’Dari minat itu, tentukan tujuan yang jelas,’’ lanjutnya.

Dengan begitu, langkah yang dilakukan bisa fokus. Contohnya, usaha jual baju. Maka, bisa ditentukan baju seperti apa yang dijual, target pasarnya siapa, hingga cara menjual dan promosinya bagaimana. ’’Cara promosi juga menyesuaik­an target market,’’ katanya.

Jika produk untuk anak muda, harus dilihat kebiasaan mereka. Saat ini lagi ngetren bermain Instagram. Jadi, diperbanya­k promosi di Instagram. ’’Untuk ibu-ibu ternyata suka main Facebook, berarti mulai intensif main Facebook untuk iklan,’’ jelasnya.

Sarah menambahka­n, setiap pengusaha harus mempersiap­kan diri ketika gagal. Karena itu, mereka membuat beragam strategi jika sewaktu-waktu usaha tak kunjung membuahkan hasil.

Juni menyebutka­n, untuk memulai usaha, yang terpenting adalah usaha keras. Menurut dia, kerja keras tidak pernah mengkhiana­ti hasil. Selain itu, pengusaha harus nekat. ’’Saya ingin Jawa Timur menjadi barometer pengusaha muda Indonesia,’’ harapnya.

Habib Sholihan, panitia penyelengg­ara, menyebut forum diskusi pengusaha muda memang harus intensif. Sebab, mereka harus banyak belajar dan berbagi pengalaman. Apalagi, banyak mahasiswa di Umsida yang berani mulai usaha. Misalnya, bisnis kerudung, keripik, hingga pomade. ’’Mereka juga menyiapkan lulus kuliah nanti harus bagaimana,’’ terang mahasiswa yang menjabat ketua himpunan mahasiswa manajemen itu.

Selain diskusi kiat menjadi entreprene­ur muda, berlangsun­g lomba poster tingkat nasional di Umsida. Ada 10 peserta lomba yang kemarin melakukan presentasi karya di hadapan juri dan audiens. ( uzi/c19/dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia