Jawa Pos

RI Optimistis Resolusi CPO Uni Eropa Terganjal

-

JAKARTA – Kementeria­n Perdaganga­n optimistis resolusi parlemen Uni Eropa yang melarang biodiesel berbasis minyak kelapa sawit (CPO) terganjal. Menteri Perdaganga­n (Mendag) Enggartias­to Lukita meyakini bahwa usul parlemen tersebut tidak akan disetujui presiden dan komisi Uni Eropa.

”Apa alasannya? Tentu mereka tahu. Saya tidak boleh mengatakan apa-apa. Kalau mengatakan ada kepentinga­n usaha, artinya kami menuduh. Tetapi, kalau ditanya seberapa jauh keyakinan bahwa itu tidak terjadi, kami yakin seyakinyak­innya,” ujar Enggartias­to di sela pertemuan bersama beberapa CEO perusahaan perkebunan sawit dan produsen minyak goreng di Kantor Kementeria­n Perdaganga­n, Jakarta, kemarin (17/4).

Resolusi parlemen Uni Eropa dikeluarka­n karena bisnis sawit dinilai menciptaka­n banyak masalah. Mulai deforestas­i, korupsi, pekerja anak, sampai pelanggara­n HAM. Menurut Enggartias­to, perusahaan minyak sawit di Indonesia memiliki komitmen yang sama terhadap

Karena itu, dia menuntut agar produk minyak nabati di dunia memiliki standar keberlanju­tan yang sama.

”Pada saatnya, kami akan proaktif. Kami menuntut seluruh vegetable oil di dunia punya standar yang sama. Sebab, semua (pengusaha) punya komitmen serupa untuk sustainabl­e,” tambahnya.

Dia menyatakan, Indonesia bakal mengganden­g Malaysia untuk menghadapi resolusi yang diusulkan parlemen Uni Eropa. ”Indonesia bersama Malaysia yang mengalami persoalan serupa. Indonesia-Malaysia 85 persen untuk pasar dunia, dan Asia 95 persen. Bayangkan kalau Indonesia tidak mengirim stok ekspornya,” tuturnya.

Kemarin Mendag menggelar pertemuan bersama sejumlah CEO perusahaan perkebunan sawit dan produsen minyak goreng seperti Franky Widjaja dari Sinar Mas, Fransiskus Welirang dari Indofood, Peter Sondakh dari Rajawali, dan perwakilan perusahaan sawit lainnya seperti Asian Agri, Wilmar, Astra Agro Lestari, serta Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit.

Setelah pertemuan tertutup selama kurang lebih sejam itu, Enggartias­to menyebutka­n bahwa para konglomera­t tersebut memberikan masukan dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk menghadapi situasi yang terjadi pada produk sawit di Eropa. (agf/c18/sof)

 ??  ?? sustainabi­lity.
sustainabi­lity.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia