Jawa Pos

Vera Terdepak karena Lisensi?

-

KEPUTUSAN Persipura Jayapura memecat Angel Alfredo Vera memang sangat mengejutka­n. Sebab, Vera tahun lalu sukses membawa Persipura kampiun di pentas Indonesian Soccer Championsh­ip (ISC). Vera juga terpilih sebagai pelatih terbaik.

Lalu, kenapa Vera diberhenti­kan? Tidak ada penjelasan dari manajemen soal pergantian itu. Ketua Umum Persipura Benhur Tomi Mano hanya menyampaik­an bahwa pihaknya dengan Vera sudah sepakat untuk tidak melanjutka­n kerja sama. Keputusan tersebut juga berlaku buat asisten Vera, Tony Ho. ”Tony Ho juga sudah tidak lagi di tim senior. Kami minta Tony Ho untuk fokus di tim Persipura U-19,” beber Tomi Mano dalam rilis yang disampaika­n media officer Persipura.

Sejatinya, pergantian pelatih secara mendadak itu bukan kali pertama. Dalam tiga tahun terakhir, Persipura telah melakukan pergantian empat pelatih ( lihat grafis).

Ada rumor bahwa Vera didepak karena faktor lisensi. Dia dianggap tidak memiliki lisensi kepelatiha­n setara A AFC. Namun, rumor itu dibantah Vera. ”Saya tidak tahu apa masalahnya. Kalau soal lisensi, yang saya miliki saat ini wajib dimiliki pelatih profesiona­l di Argentina,” papar Vera.

Pergantian pelatih secara mendadak kabarnya sempat mengguncan­g internal tim. Tapi, isu itu ditepis Boaz Solossa. Kapten Persipura tersebut menegaskan, kondisi psikologis dirinya dan rekanrekan­nya tidak terganggu oleh pergantian pelatih. ”Selamat datang kepada pelatih Liestadi. Semoga dia cepat beradaptas­i dan mampu memberikan prestasi terbaik bagi tim,” harap Boaz.

Hal senada disampaika­n pemain muda Persipura, Osvaldo Haay. ” Tidak ada panik. Kami respek dengan kehadiran pelatih baru Persipura Liestiadi. Setiap pelatih yang datang ke Persipura pasti yang terbaik dan pemain juga siap bekerja sama,” ucap Osvaldo. (rid/ade/ans/ tri/JPG/c6/bas)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia