Jawa Pos

Di Sekolah, Tetap Jaga Prestasi dan Sportivita­s

-

HARI-HARI Putra Erlangga Budi Saputra memang banyak dihabiskan di atas ring. Digembleng langsung cara melepaskan pukulan secara telak dan menghindar­i bogem lawan oleh sang ayah yang dulu juga petinju, Budi Tornando.

Tapi, tak berarti tempaan olahraga keras itu lantas membuatnya jemawa. Menyelesai­kan semua persoalan dengan pukulan. Justru sebaliknya, di sekolah, Putra memilih menjauh tiap kali ada teman yang mengganggu atau mengusili.

’’Dia(Putra) pilihmenan­gisketimba­ng menyakitit­eman. Ditinju, semuapetin­ju memangharu­sbersikaps­portif,’’ kata Budi yang sehari-hari melatih di RDS Boxing Camp Penataran, Blitar.

Putra menambahka­n, dirinya menyukai tinju bukan karena olahraga itu membuatnya bisa jadi jagoan. Tapi, lebih kepada alasan ’’artistik’’.

’’Saya suka tinju karena pukulannya bagus dan kekuatanny­a besar,’’ jelas bocah 12 tahun tersebut setelah menjalani sparing di aula KONI Kabupaten Blitar.

Prinsip sportivita­s itu tak hanya ditanamkan di RDS Boxing Camp Penataran. Tapi, juga di 21 sasana aktif lainnya di bawah naungan Pertina Kabupaten Blitar.

Muclas Dwi Kurniawan, 12, contohnya. Seperti Putra yang jadi lawan latih tandingnya pada Minggu lalu (9/4), peraih perak di Piala Bupati Tulungagun­g 2016 itu juga memilih menghindar tiap kali ada masalah dengan teman.

’’Karena kasihan teman saya juga kalau saya pukul. Yang terpenting, pelajaran saya tidak tertinggal dan mendapat dukungan dari kedua orang tua,’’ kata petinju binaan Sasana Hercules, Kabupaten Blitar, tersebut.

Para bocah dan remaja yang dibina di semua sasana memang tetap harus mengutamak­an sekolah.

Muhammad Miftakhul Huda, petinju 14 tahun yang merupakan siswa kelas 1 SMPN Nglegok, Kabupaten Blitar, termasuk yang bisa menjaga keseimbang­an prestasi tersebut.

’’Kalau masalah bahaya tinju, pasti semua olahraga punya risiko masingmasi­ng. Tapi, di tinju ini resmi ada wasitnya, jadi kami keluarga juga tenang,’’ kata Novita Nurhayati, kakak Miftakhul Huda, saat mendamping­i sang adik dalam sesi sparing pada Minggu lalu (9/4) di Blitar. (nic/c19/ttg)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia