Jawa Pos

PRSI Gelar Festival Aquatic Indonesia

-

JAKARTA – PB PRSI (Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia) melakukan terobosan menjelang Asian Games di Jakarta dan Palembang pada Agustus 2018. Salah satunya dengan menggelar kejuaraan multievent nasional untuk empat cabang olahraga yang berlangsun­g di Palembang mulai 21 April sampai 1 Mei nanti.

Sekjen PRSI Ali Patiriwi menyatakan, terobosan yang digagas tersebut bernama Festival Aquatic Indonesia. ’’Kejuaraan nasional yang selama ini kami gelar hanya single event. Tapi, kali ini, kami sengaja melakukan hal baru yang konsepnya jauh lebih maju,’’ kata pria asal Makassar itu.

Memang, ada empat cabang olahraga yang akan dilombakan dalam kejuaraan mul tievent tersebut. Yakni, renang, loncat indah, polo air, serta master swimming. Cabang olahraga terakhir sengaja dikhususka­n bagi para perenang senior yang usianya di atas 30 tahun.

Pria 56 tahun itu berharap, dengan adanya Festival Aquatic Indonesia tersebut, PRSI semakin terbiasa menangani kejuaraan dengan jumlah cabang olahraga lebih dari satu dalam sekali waktu. Sebab, kondisi serupa akan mereka hadapi saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games Agustus 2018 mendatang.

Sasaran lain dari event tersebut, kekompakan organisasi akuatik di Indonesia harus jauh lebih baik menjelang Asian Games. ’’Jadi, Festival Aquatic Indonesia ini bisa disebut sebagai test event jelang Asian Games. Dan, kalau formatnya jalan, sangat mungkin menjadi tradisi di kejuaraan berikutnya,’’ paparnya.

Saat ini, ada 26 provinsi yang sudah terdaftar sebagai peserta untuk ikut dalam festival tersebut. Ali menjelaska­n, meski berstatus multievent, pihaknya tidak akan mengenal status juara umum secara overall. ’’ Kalaupun ada juara umum, itu pasti hanya untuk setiap cabang olahraga yang dilombakan,’’ ucapnya. ( ben/ c17/ tom)

 ?? KEMENPORA ?? PERSIAPAN: Sekjen PRSI Ali Patiriwi.
KEMENPORA PERSIAPAN: Sekjen PRSI Ali Patiriwi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia