Jawa Pos

Target Konsisten di Tes Perdana

-

PEMBALAP Indonesia Sean Gelael melakukan persiapan terakhir untuk menguji coba mobil Formula 1 kemarin (17/4). Persiapan fisik dan mental akan melengkapi persiapan teknis yang dilakukan sejak pramusim balapan musim 2017.

Pada uji coba hari ini, Sean yang berstatus pembalap uji Toro Rosso akan menggunaka­n mobil STR12 yang biasa digunakan Daniil Kvyat. Selama pramusim, Sean juga telah menjajal simulator di markas Red Bull-TAG Heuer sepanjang 225 lap. Dia juga sudah mempelajar­i fungsi tomboltomb­ol di steering wheel mobil F1 yang jumlahnya belasan. Sore kemarin, Sean menjalani

di paddock Toro Rosso. Bersama sejumlah mekanik, pemuda 20 tahun itu juga melakukan pengenalan mobil. ’’Untuk Toro Rosso, persiapan sudah lumayan dengan beberapa race

nya. Mereka kan juga baru selesai balap, jadi sampai di sini persiapann­ya sudah bagus,’’ ucapnya.

Soal persiapan fisik, pembalap tim Formula 2 dari tim Pertamina Arden tersebut mengaku sudah melakukan persiapan khusus. Termasuk memperkuat otot leher untuk menahan daya G-force mobil F1 terbaru yang besarnya berlipat dibandingk­an dengan mobil Formula 2. Itu disebabkan mobil generasi F1 terbaru dirancang untuk lebih cepat 4 detik dari tahun lalu. Juga memiliki downforce lebih besar.

Awal musim ini, di tengah uji coba pramusim, juara dunia tahun lalu Nico Rosberg bahkan menyebut pembalap F1 musim ini seperti ’’gladiator’’. ’’Mungkin karena harus membalap sampai limit akan sulit. Tapi, saya bicara dengan beberapa pembalap F1 tentang mobil baru. Mereka bilang tidak sesulit yang dibayangka­n,’’ imbuhnya.

Sean mengungkap­kan, targetnya dalam uji coba hari ini adalah bisa mengemudi dengan konsisten dan memberikan feedback yang baik untuk tim. ’’Mereka (Toro Rosso) pasti punya target sendiri. Uji coba kan waktu yang berharga untuk mengembang­kan mobil,’’ ucapnya. (cak/c17/ady)

 ??  ?? seat fitting engineer-
seat fitting engineer-

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia