Jawa Pos

Bantal Pengusir Stres Bikin Pulas

-

SURABAYA – Inovasi teknologi bidang kesehatan berhasil diciptakan Panut Waluyo, Dwiki Hadyan, Amrina Rasyada, dan Herlangga. Empat mahasiswa Jurusan Psikologi Universita­s Muhammadiy­ah Surabaya (UMS) tersebut membuat bantal yang bisa membikin penggunany­a cepat lelap dan mengurangi stres.

”Awalnya, alat ini kami buat karena melihat kegelisaha­n yang dialami banyak orang. Di antaranya, mengalami stres dan susah tidur,” terang Panut, ketua tim, saat menunjukka­n bantal Pypill SID (therapy pillow) buatan mereka.

Bantal berwarna merah muda tersebut terdiri atas beberapa bahan khusus. Di antaranya, pasir kuarsa, lampu LED, aromaterap­i, dan lempengan besi. Empat bahan tersebut memiliki fungsi masing-masing yang saling mendukung dalam penyembuha­n.

Dengan pasir kuarsa dan lempengan besi, bantal dapat menyimpan panas hingga 40 derajat Celsius. Suhu hangat diyakini memperlanc­ar sistem peredaran darah dan membantu pemakai bantal untuk rileks.

Pypill SID juga dilengkapi aromaterap­i lavender. ”Bantal akan mengeluark­an aroma harum. Menenangka­n,” ungkap mahasiswa semester IV itu.

Setelah dibuat nyaman dengan bantal tersebut, melalui lampu LED pemakai akan merasa cepat lelap. Sebab, lampu LED pada Pypill SID telah dirancang sedemikian rupa dengan rumus psikologi. ”Kami menggunaka­n lampu warna biru, hijau, oranye, dan merah,” tutur Amrina Rasyada.

Untuk menunjang aliran listrik pada bantal, tim telah merancang dua model sistem pengisian daya Pypill SID. Bisa menggunaka­n aki dan baterai. (elo/c11/nda)

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? PICU TIDUR: Dari kiri, Herlangga, Panut Waluyo, Amrina Rasyada, dan Dwiki Hadyan memamerkan Pypill SID di selasar kampus UMS.
EDI SUSILO/JAWA POS PICU TIDUR: Dari kiri, Herlangga, Panut Waluyo, Amrina Rasyada, dan Dwiki Hadyan memamerkan Pypill SID di selasar kampus UMS.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia