Jawa Pos

Baksos untuk Warga Pesisir

-

SIDOARJO – Suhartini mengeluh penglihata­nnya sering kabur. Nenek berusia 60 tahun itu menyatakan, gangguan tersebut dialami sejak 10 tahun terakhir. Setelah keluhan itu disampaika­n, dokter langsung memeriksa kedua matanya. Setelah diperiksa dengan saksama, Suhartini pun mengetahui penyebab gangguan pada matanya.

’’Mata ibu terkena katarak,’’ ucap dokter Nuraini kepada Suhartini.

Lain halnya dengan pengakuan Suprapto. Bapak berusia 50 tahun tersebut mengeluhka­n persendian­nya yang sering sakit. Setelah menjalani pemeriksaa­n, Suprapto mengalami gejala asam urat. Nuraini langsung menuliskan resep kepada mereka yang telah menjalani pemeriksaa­n. ’’Nanti obatnya diminum setiap hari ya,’’ jelasnya kepada warga.

Suhartini dan Suprapto adalah warga Banjarkemu­ning, Kecamatan Sedati, yang mengikuti bakti sosial ( baksos) pengobatan gratis. Kegiatan yang dilaksanak­an atas kerja sama Pemerintah Desa Banjarkemu­ning, RS Bunda, Rumah Sehat BaznasPGN-Al Chusaini, serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sidoarjo itu diikuti sekitar 250 warga.

Kepala Desa (Kades) Banjar- kemuning Zainul Abidin menjelaska­n, baksos itu bertujuan meningkatk­an kesehatan masyarakat pesisir. Sebab, selama ini kesehatan dan kebersihan merupakan kendala utama di kawasan tersebut. ’’Fasilitas ini kami berikan agar kesehatan warga meningkat,’’ jelasnya.

Bukan hanya fasilitas kesehatan, warga juga mendapatka­n sumbangan sembako. Isinya beras, gula, telur, kerupuk, dan minyak goreng. Total ada 250 paket. Sembako itu merupakan sumbangan dari PWI Sidoarjo. ’’Sebagai insan media, kami juga harus selalu dekat dengan warga. Nah, kegiatan ini juga menjadi sarana PWI untuk lebih dekat dengan warga,’’ kata Ketua PWI Sidoarjo Abdul Rouf. (aph/c15/hud)

 ?? ARISKY PRASETYOHA­DI/JAWA POS ?? MERINGANKA­N: Ratusan warga Banjarkemu­ning, Sedati, mendapat layanan pemeriksaa­n kesehatan gratis kemarin.
ARISKY PRASETYOHA­DI/JAWA POS MERINGANKA­N: Ratusan warga Banjarkemu­ning, Sedati, mendapat layanan pemeriksaa­n kesehatan gratis kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia