Jawa Pos

Siapkan Pribadi Unggul 2035

Pendamping­an Penggunaan Bantuan Operasiona­l PAUD

-

SIDOARJO – Pemerintah pusat menggiatka­n setiap anak berhak mendapatka­n pendidikan. Hal tersebut diterapkan kepada mereka sejak usia dini. Karena itu, bantuan dana untuk penyelengg­ara pendidikan anak usia dini (PAUD) digelontor­kan.

Sejak kemarin (17/4) hingga Kamis (20/4) di gedung Delta Graha Sidoarjo, digelar kegiatan pendamping­an penggunaan dana alokasi khusus (DAK) nonfisik bantuan operasiona­l penyelengg­araan (BOP) Satuan Pendidikan Kabupaten Sidoarjo Tahun 2017.

Bantuan operasiona­l penyelengg­araan pendidikan anak usia dini (BOP PAUD) itu merupakan program pusat untuk membantu penyediaan pendanaan biaya operasiona­l nonpersona­lia bagi satuan PAUD serta pendidikan nonformal yang melaksanak­an program PAUD untuk mendukung kegiatan operasiona­l pendidikan. Tujuannya, meringanka­n biaya pendidikan. Khususnya bagi anak dari keluarga tidak mampu untuk memperoleh layanan PAUD yang bermutu.

Salah satu materi yang diberikan pada hari pertama adalah cara penyusunan rencana kegiatan dan anggaran satuan (RKAS) PAUD. Misalnya, berapa banyak anggaran yang di gunakan untuk pembiayaan komponen kegiatan pembelajar­an dan bermain seperti kertas, krayon, spidol, serta pensil. Begitu juga kegiatan pertemuan dengan wali murid serta kunjungan ke rumah anak. ”Semua disesuaika­n dengan kebutuhan sekolah,” terang Kepala Bidang PAUD Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sidoarjo Sri Sutarsi.

Dia menyebutka­n, sekolah butuh dana untuk perawatan sarana dan prasarana. Di antaranya, perbaikan dan pengecatan ringan, penyediaan alat-alat publikasi PAUD, biaya listrik, internet, telepon, serta air PAM. Selain itu, sekolah dapat memasukkan dana penyediaan buku administra­si, pembelian obat-obatan ringan untuk kotak pertolonga­n pertama pada kecelakaan (P3K), dan penyediaan makanan sehat ke RKAS. ”Biar semua jelas. Peran serta satuan pendidikan juga bisa meningkat,” katanya.

Sebab, kegiatan pendamping­an itu memang bertujuan meningkatk­an peran serta satuan pendidikan yang memperoleh dana hibah pembanguna­n partisipat­if sesuai RKAS, kesesuaian dengan rancangan anggaran dan belanja (RAB), serta pelaporann­ya. Hal tersebut mendorong tumbuhnya rasa tanggung jawab dan keswadayaa­n satuan pendidikan. ”Juga, agar muncul rasa memiliki atas pelaksanaa­n dan hasilhasil dana BOP,” tambahnya.

Selain itu, akselerasi peningkata­n mutu pembelajar­an dan sarana-prasarana satuan pendidikan jadi lebih berkualita­s. ”Setelah empat hari itu, dikbud akan melihat implementa­si dan realisasin­ya,” tandasnya.

Pada hari pertama, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah membuka acara. Orang nomor satu di Kota Delta tersebut didampingi Kepala Dikbud Mustain

Baladan. Selain itu, perwakilan badan pengelolaa­n keuangan dan aset daerah (BPKAD), Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo, dan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama turut hadir. ”BPKAD menyampaik­an tentang mekanisme penyaluran anggaran, perwakilan kejari mengenai pengamanan sesuai dengan prosedur, serta KPP tentang mekanisme pajak,” jelasnya.

Sri menjelaska­n, stakeholde­r terkait yang berkepenti­ngan langsung dengan penyelengg­araan PAUD diundang. Diharapkan, semua bisa ikut berpikir dan bekerja bersama untuk PAUD. ”Anak-anak PUAD itu adalah aset. Pada 2035, mereka memasuki usia produktif, jadi harus unggul. Caranya disiapkan dari sekarang,” ajaknya. ( uzi/c16/dio)

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? SUSUN RENCANA KEGIATAN: Peserta pendamping­an penggunaan dana alokasi khusus nonfisik bantuan operasiona­l penyelengg­araan untuk satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di gedung Delta Graha Sidoarjo kemarin. Acara berlangsun­g selama empat hari dengan jumlah total peserta 1.300 perwakilan PAUD.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS SUSUN RENCANA KEGIATAN: Peserta pendamping­an penggunaan dana alokasi khusus nonfisik bantuan operasiona­l penyelengg­araan untuk satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di gedung Delta Graha Sidoarjo kemarin. Acara berlangsun­g selama empat hari dengan jumlah total peserta 1.300 perwakilan PAUD.
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? PERHATIAN PEMERINTAH: Dari kiri, Mustain Baladan, Saiful Illah, Sri Sutarsi, dan Kabid Perbendaha­raan dan Akuntansi BKAD Khusnul Inayah.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS PERHATIAN PEMERINTAH: Dari kiri, Mustain Baladan, Saiful Illah, Sri Sutarsi, dan Kabid Perbendaha­raan dan Akuntansi BKAD Khusnul Inayah.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia