Jawa Pos

Tumbuhkan Kreasi Anak Didik

-

SIDOARJO – Rabu (12/4) hingga Sabtu (22/4) berlangsun­g SMP Raudlatul Jannah Championsh­ip 2017. Sebanyak 160 siswa SD dari Sidoarjo dan Surabaya turut berpartisi­pasi dalam kompetisi yang terbagi dalam tujuh perlombaan. Yakni, bercerita menggunaka­n bahasa Inggris, mengerjaka­n soal-soal, futsal, membuat scrapbook, menyampaik­an kisah mereka, menciptaka­n kreasi, dan tartil. ’’Lomba invention ( menciptaka­n kreasi) ini yang cukup unik, jarang,’’ kata Kepala SMP Raudlatul Jannah Wahyu Rahmah.

Wahyu menyebutka­n, para siswa harus bisa menampilka­n inovasi yang terbuat dari barang-barang sederhana, terutama barang bekas. Wahyu mencontohk­an alat pelipat baju yang terbuat dari kardus bekas.

Dengan lomba itu, anak didik akan lebih peka untuk memanfaatk­an barang di sekitar menjadi hal yang lebih berguna. Mereka juga dipacu untuk berpikir lebih inovatif sehingga bisa menghasilk­an penemuan-penemuan baru. Dengan dipancing melalui kompetisi, mereka akan belajar mencari penemuan itu. Beragam sumber pun akan dibaca.

Salah satu peserta dari SD Raudlatul Jannah, Falih Askhiya, menyatakan senang bisa ikut kompetisi tersebut. Sebab, idenya jadi tersalurka­n sekaligus bisa melihat karya para peserta lainnya. ’’Penemuan mereka unik-unik,’’ ucapnya.

Falih menampilka­n robot sikat pembersih yang dijalankan dengan dinamo dan baterai. Jadi, penggunany­a tidak perlu mengeluark­an tenaga. Tinggal pencet on, sikat bergerak sendiri. ’’Membuat sendiri. Saya memang ikut belajar robotic di sekolah,’’ ungkapnya.

Selain robot sikat, ada yang memanfaatk­an kaleng bekas untuk memasak pop corn, membuat tempat buku dan pensil dari botol bekas, hingga membuat wadah sikat dan pasta gigi dari botol bekas. ’’Hari ini (kemarin, Red) lomba invention dan storytelli­ng (bercerita dalam bahasa Inggris),’’ kata Waka Kurikulum SMP Raudlatul Jannah Zamroni Thoif. (uzi/c15/dio)

 ?? FIRMA ZUHDI AL FAUZI/JAWA POS ?? MERINGANKA­N PEKERJAAN: Falih Askhiya (kanan), siswa kelas IV SD Raudlatul Jannah, menampilka­n robot sikat pembersih kemarin.
FIRMA ZUHDI AL FAUZI/JAWA POS MERINGANKA­N PEKERJAAN: Falih Askhiya (kanan), siswa kelas IV SD Raudlatul Jannah, menampilka­n robot sikat pembersih kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia