Jawa Pos

Perbaiki Kesejahter­aan Buruh lewat May Day

-

JAKARTA – Peringatan Hari Buruh Internasio­nal (May Day) tahun ini merupakan kunci untuk mendongkra­k keterampil­an para buruh maupun keluarga buruh. Ada harapan tingkat kesejahter­aan buruh nanti bisa lebih baik.

Sekjen Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia Timboel Siregar mengakui, selama ini memang ada permasalah­an yang dihadapi kalangan buruh maupun keluargany­a, yakni soal minimnya keterampil­an. ”Dalam rangka

PMay Day, kami berusaha meningkatk­an kesejahter­aan pekerja dan keluargany­a sesuai UU Ketenagake­rjaan,” ungkap Timboel di sela-sela pelatihan membuat kue yang diikuti buruh di kantor Kemenaker Jakarta kemarin (18/4).

Menurut Timboel, dengan adanya momen May Day yang jatuh setiap 1 Mei, pihaknya bersama serikat pekerja lain dan pemerintah serta pengusaha mendorong dilaksanak­annya pelatihan yang bisa meningkatk­an kemampuan pekerja maupun keluargany­a. ”Dengan keterampil­an, kita harapkan mereka nanti bisa berusaha di luar untuk menambah income buat memenuhi dan meningkatk­an kesejahter­aannya,” katanya.

Selain itu, lanjut Timboel, melalui keterampil­an itu, buruh diharapkan memiliki jiwa kemandiria­n. Jadi, apabila suatu saat menghadapi masalah PHK, mereka tidak lagi kesulitan untuk mendapatka­n income bagi keluarga.

Selain pelatihan, pihaknya mendorong adanya permodalan yang diberikan kepada buruh agar keterampil­an yang sudah didapat tidak terbengkal­ai. Misalnya, kredit usaha rakyat (KUR) yang berbunga 7 persen agar bisa membantu mereka yang ingin berusaha. ”Kita juga mendorong pasar agar hasil produksiny­a bisa terjual dengan baik. Kita berharap ada mekanisme yang mendorong makanan yang dihasilkan bisa terjual,” ungkapnya

Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Haiyani Rumondang berharap penetapan May Day sebagai libur nasional bisa dimanfaatk­an buruh untuk melaksanak­an kegiatan yang memiliki nilai tambah. ”Di samping untuk berkumpul dengan keluarga, teman, atau sahabat, si hari libur May Day bisa dimanfaatk­an untuk kegiatan yang lebih bermanfaat,’’ kata Haiyani. (aro/jpg/c6/agm)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia