Jawa Pos

Wapres AS Temui Jokowi-JK

-

JAKARTA – Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Michael Richard Pence dijadwalka­n tiba di tanah air hari ini setelah berkunjung ke Korea Selatan. Sejumlah agenda sudah menanti Pence dengan kegiatan utama pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla ( JK). Hal itu disampaika­n Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi setelah menghadiri peringatan 62 Tahun Konferensi Asia-Afrika di Istana Negara kemarin (18/4).

”Wapres Mike Pence antara lain melakukan kunjungan kehormatan, bertemu dengan Presiden Jokowi di istana kepresiden­an,” ujar Retno. Setelah bertemu presiden, Pence dijadwalka­n melakukan pertemuan bilateral dengan JK. Kemudian, pejabat 57 tahun itu bertemu dengan Sekjen ASEAN Le Luong Minh di Jakarta. Indonesia merupakan markas tetap Sekjen ASEAN sehingga tamu negara juga akan menemui Sekjen ASEAN.

Khusus ASEAN, sejumlah rencana bersama AS sedang disusun. ”Bulan depan untuk kali pertama Menlu-Menlu ASEAN akan bertemu dengan Menlu Amerika Serikat,” lanjut Retno. Itu merupakan bagian dari hubungan bilateral yang baik antara ASEAN dan Negeri Paman Sam.

Disinggung mengenai rencana kerja sama bilateral yang bakal disepakati, Retno enggan berkomenta­r. ”Biasanya, setiap ada kunjungan, kita lihat hal-hal mana yang bisa diselesaik­an. Untuk saat ini saya belum bisa menyampaik­an apa-apa,” tambahnya. Di luar agenda pertemuan antar pemimpin negara, Pence direncanak­an mengunjung­i Masjid Istiqlal. JK yang menggelar pertemuan bilateral dengan Pence bakal mendiskusi­kan hubungan perdaganga­n RI-AS. (byu/jun/and/c9/oki)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia