Jawa Pos

Perketat Keamanan sejak di Hotel

-

LEDAKAN bom yang menyerang bus rombongan Borussia Dortmund ketika menjamu AS Monaco pekan lalu tak hanya menorehkan trauma bagi penggawa tim. Bom tersebut juga mereduksi kekuatan Dortmund.

Mereka harus kehilangan bek tengah Marc Bartra yang mengalami patah tulang di lengan kanan lantaran terkena serpihan bom. Bom itu juga menjadi salah satu penyebab kekalahan Dortmund di leg pertama perempat final pekan lalu. Die Borussen, sebutan Dortmund, harus kalah tipis 2-3.

”Sampai sekarang aku masih sulit bangun. Untunglah, aku langsung menyadari sudah berada di kasurku yang nyaman di rumah,” kata Roman Buerki, kiper Dortmund, menceritak­an trauma yang dia rasakan setelah ledakan bom tersebut.

Dortmund dini hari nanti bermain di markas AS Monaco. Meski demikian, potensi ancaman teror tetap saja muncul. Hal itu disampaika­n pakar terorisme Jerman Peter Neumann. Dalam harian Welt am Sonntag, salah seorang penyidik mengatakan, bom yang dipakai menyerang rombongan Dortmund ditengarai diambil dari gudang persenjata­an Jerman sendiri.

”Prioritas utama saat ini adalah segera menemukan siapa dalang di balik serangan ini,” ujar Neumann sebagaiman­a dilansir dari ESPN. ”Sebab, tidak tertutup kemungkina­n akan ada serangan lagi,” lanjutnya.

Nah, agar teror tak menjalar, pemerintah Prancis bakal memperketa­t keamanan. Apalagi, ada sekitar tiga ribu fans Dortmund yang hadir di Stade Louis II dini hari nanti. Menteri Dalam Negeri Prancis Patrice Cellario mengatakan, pengamanan terhadap skuad besutan Thomas Tuchel tersebut bakal dilakukan sejak mereka berada di dalam hotel. Dalam pekerjaan itu, pihak keamanan Monaco bakal mendapat bantuan 350 personel kepolisian Negeri Anggur tersebut.

”Mereka (Dortmund, Red) tidak meminta pengamanan kepada kami,” ucap Cellario kepada

L’Equipe. ”Meski begitu, kami bakal memastikan mereka merasa aman ketika berada di negara kami,” ucapnya.

Terpisah, Bartra yang sudah keluar dari rumah sakit Sabtu (15/4) mendapat kejutan menyenangk­an. Dia baru saja dijenguk dua eks rekannya di Barcelona, yakni Jordi Alba dan Sergio Busquets. ”Suatu kebahagiaa­n bisa melihat sekaligus tertawa bersamamu kawan,” ujar Alba dalam caption di Instagram sebagaiman­a dilansir dari Goal. (apu/c9/bas)

 ?? RALPH ORLOWSKI/REUTERS ?? DUKUNGAN MORIL: Pemain Borussia Dortmund membawa kostum Marc Bartra yang menjadi korban ledakan bom pekan lalu.
RALPH ORLOWSKI/REUTERS DUKUNGAN MORIL: Pemain Borussia Dortmund membawa kostum Marc Bartra yang menjadi korban ledakan bom pekan lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia