Jawa Pos

Boston Marathon Ke-121 Milik Kenya

-

BOSTON – Setelah tahun lalu merelakan gelar putra dan putri dibawa pulang pelari Ethiopia, tahun ini para pelari Kenya kembali unjuk gigi di Boston Marathon. Geoffrey Kirui dan Edna Kiplagat kemarin menahbiska­n diri sebagai juara putra dan putri. Mereka membuat Kenya kembali berjaya di ajang maraton tertua di dunia tersebut.

Sebelumnya, para pelari Kenya juga pernah mengawinka­n gelar di ajang maraton yang kali pertama digelar pada 1897 itu. Tepatnya enam kali, yakni pada 2000, 2002, 2004, 2006, 2011, dan 2012. Tahun lalu kawin gelar dilakukan pelari Ethiopia melalui Atsede Baysa dan Lemi Berhanu Hayle.

Kirui menjadi yang tercepat di sektor putra dengan catatan waktu 2 jam 9 menit 37 detik. Sementara itu, Kiplagat tercepat di sektor putri dengan raihan waktu 2 jam 21 menit 52 detik.

Bagi Kirui, kemarin adalah kemenangan pertamanya di ajang World Marathon Majors (enam ajang utama). Sementara itu, bagi Kiplagat, kemenangan kemarin melengkapi victory yang pernah diciptakan pada dua ajang mayor, yakni di New York dan London. Pelari 37 tahun itu menjadi kampiun di New York pada 2010. Di London, dia menjadi yang tercepat pada 2012.

’’Dalam anganku, aku sudah bermimpi memenangi ajang ini suatu saat nanti,’’ ucap Kirui sebagaiman­a dilansir New York Times. Kirui kemarin memang harus mengalahka­n para pesaing berat demi menjadi kampiun Boston Marathon edisi ke-121. Termasuk mengalahka­n peraih perunggu maraton Olimpiade Rio 2016 asal Amerika Serikat, Galen Rupp yang kemarin menjadi runer-up. (irr/c19/nur)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia