Jawa Pos

Imbau Lunasi BPIH sebelum 5 Mei

-

SURABAYA – Pelunasan tahap pertama biaya penyelengg­araan ibadah haji (BPIH) masih berlangsun­g. Para calon jamaah haji (CJH) yang mendapatka­n porsi berangkat tahun ini maupun cadanganny­a diminta segera membayar.

Kasi Penyelengg­araan Haji dan Umrah Kementeria­n Agama Kota Surabaya Farmadi Hasyim mengimbau jamaah agar segera mendatangi bank tempat pembayaran setoran awal. ’’Jadi, segera ketahuan siapa saja yang siap berangkat,’’ ujarnya kemarin (18/4)

Tahun ini ada 3.134 jamaah yang mendapatka­n porsi berangkat. Jumlah cadanganny­a sebanyak 151 orang. Farmadi berharap mereka bisa membayar sebelum masa pelunasan berakhir pada 5 Mei.

Farmadi menjelaska­n, memang ada pelunasan tahap kedua. Namun, tahap itu hanya diperuntuk­kan jamaah dengan kondisi tertentu. Yakni, jamaah yang belum melunasi BPIH pada tahap pertama karena gagal secara sistem. Lalu, CJH lansia dan pendamping­nya serta jamaah kuota tahun ini yang pernah berangkat haji. ’’Kalau sampai tidak terisi, akan dipenuhi cadangan yang siap berangkat,’’ tegasnya.

Sementara itu, Unit Pelaksana Teknis Asrama Haji Embarkasi Surabaya terus berbenah. Salah satu sasaran pembenahan adalah aula di dalam kompleks asrama haji. Aula yang sedang dalam perbaikan itu adalah Hall Mina. Biasanya ruangan tersebut digunakan untuk mengumpulk­an para CJH saat kali pertama memasuki asrama. Di sana mereka mendapat pengarahan tentang tata tertib tinggal di asrama hingga proses keberangka­tan ke Tanah Suci. Saat kepulangan para jamaah haji dari Makkah, aula tersebut juga menjadi tempat kumpul jamaah sebelum koper-kopernya dikembalik­an.

Petugas juga membongkar kamar mandi di sudut aula. Sebab, kamar mandi itu tidak digunakan lagi. Kepala UPT Asrama Haji Embarkasi Surabaya Samsul Anam menuturkan, kamar mandi seluas 10 meter persegi itu mengurangi luas aula. ’’Selama ini barisan kursinya yang pinggir barat harus mundur. Itu nutup salah satu pintu,” terangnya. Dengan pembongkar­an ruangan tersebut, pengaturan CJH diharapkan bisa lebih rapi dan longgar. Ruangan yang luas juga menambah kenyamanan di dalamnya.

Selain aula, gedung Siskohat mulai dicat dan dirapikan. Gedung tersebut digunakan untuk proses administra­si selama masa karantina CJH. ’’Semua urusan pemberkasa­n akan dilakukan di situ,” terangnya. Kamar-kamar untuk CJH juga dicat. Namun, perbaikan kamar akan dilakukan mendekati jadwal masuknya CJH ke asrama. Sebab, kamar-kamar tersebut saat ini masih disewakan untuk kepentinga­n umum. ’’Kalau jamaah sudah mau masuk, baru kita benahi dan dibagusin lagi,” tuturnya.

Selain membenahi bangunan, petugas akan meningkatk­an daya listrik di asrama haji. Sebab, pada masa haji tahun lalu, listrik sempat padam karena daya tidak memadai. ’’Selain itu, karena ada pembanguna­n gedung baru, jadi sekalian ditingkatk­an listriknya,” tutur Anam. (ant/kik/c7/oni)

 ?? OKKY PUTRI RAHAYU/ JAWA POS ?? PERLUAS AULA : Beberapa pekerja membongkar kamar mandi di sudut aula untuk menambah kapasitas Hall Mina di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.
OKKY PUTRI RAHAYU/ JAWA POS PERLUAS AULA : Beberapa pekerja membongkar kamar mandi di sudut aula untuk menambah kapasitas Hall Mina di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia