Jawa Pos

Habis Senam, Cek Kuku

Ribuan Anak TK dan SD Buka Gebyar UKS

-

SIDOARJO – Ribuan siswa TK dan SD tumplek bleg di Alun-Alun Sidoarjo kemarin (18/4). Di bawah langit yang mendung, mereka melakukan senam usaha kesehatan sekolah (UKS) seri 2 secara serempak. Iringan musik yang rancak membuat seluruh peserta menggerakk­an tubuh dengan penuh semangat.

Senam yang dipimpin langsung oleh Budi Utomo, pencipta gerakan senam UKS seri 2, tersebut juga diikuti Bupati Saiful Ilah dan Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin. Meski terkesan sederhana, gerakan-gerakan senam itu mampu membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Senam UKS seri 2 secara masal tersebut sekaligus menjadi salah satu pembuka Gebyar UKS Kabupaten Sidoarjo

Selain senam, seluruh siswa yang berada di alun-alun memeriksak­an kebersihan diri kepada tim puskesmas dari tiap-tiap kecamatan. Di antaranya, kebersihan kuku dan rambut. Upaya itu dilakukan sebagai komitmen sekolah dan Kabupaten Sidoarjo untuk hidup bersih dan sehat.

Saiful menyatakan, tahun ini Sidoarjo akan kembali mengikuti Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) tingkat nasional. Jika tahun lalu SMKN 3 Buduran yang menjadi perwakilan Sidoarjo, tahun ini SD Pembanguna­n Jaya 2 yang akan maju ke seleksi tingkat nasional. ’’Mudah-mudahan Sidoarjo kembali menang dalam lomba lingkungan sekolah sehat,’’ jelasnya.

LLSS itu, lanjut dia, tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah, namun juga seluruh organisasi pemerintah daerah (OPD). Lingkungan masyarakat juga dilibatkan. Dia berharap kegiatan Gebyar UKS seperti itu dapat memberikan motivasi agar Kabupaten Sidoarjo lebih baik.

Saiful menuturkan, pihaknya ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat berkomitme­n menanamkan gerakan perilaku hidup sehat sejak dini melalui kegiatan UKS dan UKM (usaha kesehatan masyarakat). Salah satunya melalui kegiatan festival jajanan di setiap kantin UKS dan UKM. Gerakan tersebut diikuti sekitar 3.000 anak dan orang tua/ wali. ’’ Tiap-tiap kecamatan memiliki sekolah perwakilan untuk membuat festival kantin UKS/UKM,’’ katanya.

Selain itu, ada festival jajanan tradisiona­l yang diikuti 1.500 anak raudhatul athfal (RA). Saiful berharap seluruh kantin bisa mengembang­kan dan melestarik­an jajanan sehat dengan mengedepan­kan makanan lokal yang bergizi. ’’Gerakan tersebut dimulai Mei. Hari ini di- launching,’’ ungkapnya. Dalam gebyar UKS kemarin, suasana festival jajanan sudah terasa. Beberapa stan dari perwakilan kecamatan menunjukka­n menumenu jajanan tradisiona­l kantin UKS.

Setelah melakukan senam masal dan pengecekan kebersihan diri, seluruh anakanak secara makan buah dan sayur bersamasam­a di alun-alun. Aksi tersebut disaksikan bupati dan pejabat pemerintah lain sekaligus tim penilai LLSS tingkat nasional. ’’Ini membuktika­n bahwa kegiatan lingkungan sekolah dapat dilakukan di setiap sekolah,’’ ujar Saiful. (ayu/c23/pri)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS BOY SLAMET/JAWA POS ??
BOY SLAMET/JAWA POS BOY SLAMET/JAWA POS
 ??  ?? BIAR TETAP SEHAT: Budi Utomo, pencipta gerakan senam UKS seri 2, memandu senam masal di AlunAlun Sidoarjo yang diikuti Bupati Saiful Ilah kemarin. Foto kanan, dr Linda Siti, anggota tim juri lomba UKS tingkat nasional, memeriksa kuku Melisa Juliansti,...
BIAR TETAP SEHAT: Budi Utomo, pencipta gerakan senam UKS seri 2, memandu senam masal di AlunAlun Sidoarjo yang diikuti Bupati Saiful Ilah kemarin. Foto kanan, dr Linda Siti, anggota tim juri lomba UKS tingkat nasional, memeriksa kuku Melisa Juliansti,...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia