Jawa Pos

43 Pemerintah Daerah Pamerkan Inovasi

-

SIDOARJO – Sidoarjo menjadi tuan rumah hari otonomi daerah (otda) pada 25 April mendatang. Rencananya, Presiden Joko Widodo dan segenap kabinet kerja menghadiri Hari Otda XXI tersebut.

Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin menyatakan, Sidoarjo menjadi tuan rumah. Selain itu, momen tersebut akan melecutkan semangat birokrasi di Kota Delta sehingga kinerjanya lebih optimal. ”Termasuk menciptaka­n lebih banyak lagi terobosan dan inovasi dalam kebijakan publik,” tuturnya.

Ketua Panitia Daerah Benny Airlangga menambahka­n, salah satu prestasi yang ditorehkan Sidoarjo adalah sistem perizinan dan kepengurus­an akta lahir yang kini dapat selesai dalam hitungan hari. Karena Sidoarjo menjadi tuan rumah otda kali ini, dia ber- harap kinerja setiap instansi pemerintah­an lebih mumpuni dan lebih cepat menanggapi serta melayani masyarakat.

Dalam acara tersebut juga berlangsun­g pameran e-government. Yakni, pameran inovasi pelayanan publik yang diikuti beberapa pemerintah daerah. Setidaknya, ada 23 provinsi, 10 kota, dan 10 kabupaten dari seluruh daerah yang memperliha­tkan inovasinya.

Benny melanjutka­n, pemerintah pusat bakal memberikan sejumlah penghargaa­n bagi pemerintah daerah yang berprestas­i. Misalnya, Parasamya Purnakarya Nugraha, penghargaa­n tertinggi bagi pemerintah daerah yang selama tiga tahun berturuttu­rut menunjukka­n kinerja terbaiknya. Lalu Satyalenca­na Karyabhakt­i Praja Nugraha, daerah yang menunjukka­n kinerja penyelengg­araan pemerintah­an terbaik.

Setidaknya, ada lebih dari dua ribu tamu undangan yang akan memenuhi Alun-Alun Sidoarjo, pusat perayaan Hari Otda XXI. Benny menyebutka­n, ada sejumlah persiapan khusus yang dilakukan pemkab. Misalnya, penertiban jalan-jalan utama di Sidoarjo. Semua sarana publik akan dikembalik­an seperti semula sesuai fungsinya.

Selain itu, pihaknya menyelengg­arakan festival seni dan makanan rakyat saat malam. Festival seni akan dimeriahka­n seniman lokal. Sementara itu, festival makanan rakyat bakal diisi dengan makan bersama sepuluh ribu porsi kuliner rakyat. Untuk merayakan otda kali ini, pemkab menggelont­orkan dana Rp 1,5 miliar. ”Masyarakat bisa makan gratis dan lebih dekat dengan pemerintah,” tuturnya. (jos/c25/dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia