Jawa Pos

Telusuri Sebab Belum Rekam E-KTP

-

GRESIK – Petugas Dispendukc­apil Gresik berupaya maksimal melayani masyarakat pemohon KTP elektronik (e-KTP). Ratusan pemohon kemarin (18/4) tampak bergiliran mengambil fisik e-KTP. Mereka mengantre.

Kepala Dispendukc­apil Hermanto T.H. Sianturi sudah menyiapkan petugas laporan registrasi desa (laperde) di seluruh desa serta kelurahan. Jumlahnya, 330 desa dan 26 kelurahan. ”Satu desa atau kelurahan satu orang,” ungkapnya kemarin.

Misi utama petugas laperde adalah mengidenti­fikasi warga yang belum melakukan perekaman. ”Mereka datang ke kantor desa/kelurahan. Kemudian kroscek dari rumah ke rumah untuk identifika­si,” ujar Hermanto.

Biasanya, ada lima penyebab warga belum ikut perekaman. Yakni, meninggal dunia, berada di luar negeri, tidak berdo- misili di desanya, sakit atau gangguan kejiwaan, serta lumpuh.

Untuk warga Gresik yang berada di luar negeri, dispendukc­apil akan melakukan penonaktif­an identitas. ”Kalau warga meninggal, data akan dihapus. Bila sakit atau gangguan kejiwaan, petugas akan datang ke rumah mereka untuk melakukan perekaman,” terang Hermanto.

Di sisi lain, gelontoran sepuluh ribu keping blangko belum membuat seluruh warga Kota Pudak memiliki fisik e-KTP. Sebab, jumlah tersebut terbilang sangat kecil dari kebutuhan. (Lihat grafis)

Berdasar data dispendukc­apil, penduduk yang berhak memiliki e-KTP berjumlah 982.230 jiwa. Yang sudah perekaman identitas sebanyak 865.914 jiwa. Nah, yang tercatat belum mendapatka­n fisik e-KTP mencapai 50.621 jiwa.

Dispendukc­apil masih butuh setidaknya 49 ribu blangko. Setiap hari dispendukc­apil harus mencetak 500 keping. Dalam kurun waktu 20 hari, sepuluh ribu blangko akan habis. Jumlah tersebut belum termasuk penduduk yang belum perekaman. Jumlahnya mencapai 116.316 jiwa. (yad/c25/roz)

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? SUDAH MENUNGGU: Pemohon antre mendapatka­n fisik e-KTP di kantor Dispendukc­apil Gresik, Jl KH Wahid Hasyim, kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS SUDAH MENUNGGU: Pemohon antre mendapatka­n fisik e-KTP di kantor Dispendukc­apil Gresik, Jl KH Wahid Hasyim, kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia