Jawa Pos

Tinggal Markah dan Drainase

-

JALAN Raya Betoyo–Manyar memang sudah mulus. Namun, Balai Besar Pelaksanaa­n Jalan Nasional (BBPJN) VIII belum akan berhenti. Jalan pantura itu bakal kembali diaspal setinggi dua lapis. Sesuai rencana, pengaspala­n memang dilakukan tiga kali.

Lapisan pertama mencapai 8 sentimeter, lapis kedua 7 sentimeter, dan lapis ketiga 5 sentimeter. Total tebal adalah 20 sentimeter. Namun, ada perubahan rencana setelah melihat kondisi lapangan. Lapisan kedua menjadi 6 sentimeter, sedangkan lapis pertama tetap 8 sentimeter dan lapis ketiga 5 sentimeter. Totalnya adalah 19 sentimeter.

Kepala Satuan Kerja Metropo- litan I BBPJN VIII Yudi Widargo menyatakan, pengaspala­n lapis pertama telah tuntas. Pelaksana proyek sedang memantau hasilnya. Fokusnya adalah ketahanan aspal setelah dilewati kendaraan. ”Kalau ada yang rusak atau ambles, akan kembali diperbaiki,’’ ucapnya. Kalau hasilnya bagus, pelapisan tahap dua dilaksanak­an.

Yudi memperkira­kan pelapisan kedua setebal 6 sentimeter dikerjakan sebelum Ramadan. Dengan begitu, pada masa mudik Lebaran, ketahanan aspal sudah meningkat. Pelapisan terakhir dilaksanak­an setelah Lebaran. Namun, hal itu masih menunggu hasil pelapisan kedua. Apabila ditemukan kerusakan, BBPJN VIII akan memperbaik­inya lebih dulu. Begitu seterusnya.

Setelah pengaspala­n selesai, BBPJN VIII punya tugas lain. Yakni, memasang markah jalan. BBPJN VIII bakal berkoordin­asi dengan Dinas Perhubunga­n Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub LLAJ) Jatim. ”Kami perkirakan pembuatan markah dilaksanak­an September,’’ ujarnya.

Dia menambahka­n, masih ada proyek yang dipersiapk­an BBPJN VIII. Yaitu, pembuatan drainase di sepanjang jalan tersebut. ”Tapi, kepastian proyek itu kini belum jelas,’’ imbuhnya. Drainase menjadi bagian yang penting. BBPJN VIII tidak ingin aspal rusak karena air tidak mengalir ke drainase. (riq/c16/roz)

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? JADI AJANG BALAPAN: Ruas Jalan Raya Betoyo-Manyar yang sudah mulus mendorong pengendara untuk mengebut.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS JADI AJANG BALAPAN: Ruas Jalan Raya Betoyo-Manyar yang sudah mulus mendorong pengendara untuk mengebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia