Jawa Pos

KPK Siap Kerja Sama dengan Filipina

Dalami Keterlibat­an Ashanti Sales Inc

-

JAKARTA – Keterlibat­an perusahaan agensi Filipina, Ashanti Sales Inc, dalam dugaan korupsi penjualan dua kapal strategic sealift vessel (SSV) menjadi perhatian Komisi Pemberanta­san Korupsi (KPK). Komisi antirasuah membuka peluang kerja sama dengan lembaga antikorups­i Filipina untuk mengusut peran korporasi yang disebut-sebut menjanjika­n fee commitment Rp 14,4 miliar ke PT PAL itu.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, kerja sama tersebut memang bisa dilakukan. Misalnya, saat menangani dugaan korupsi mantan Dirut PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar, KPK meminta bantuan komisi antirasuah Singapura dan Inggris. Dua negara itu diminta mendalami informasi tentang peran perusahaan Soetikno Soedarjo, beneficial owner Connaught Inter- national Pte Ltd.

”Tapi, sejauh ini kami belum ke situ (kerja sama dengan lembaga antikorups­i Filipina, Red),” ujar Febri kepada Jawa Pos kemarin. Menurut dia, penyidik memiliki strategi untuk memeriksa para saksi yang dibutuhkan. Nah, sejauh ini penyidik belum menjadwalk­an agenda pemeriksaa­n terhadap pihak Ashanti Sales Inc.

KPK, tambah dia, masih mendalami peran PT Pirusa Sejati, perusahaan di mana Agus Nugroho, pemberi suap ke PT PAL, bekerja. Sejumlah pegawai sampai petinggi perusahaan yang berkantor di MTH Square Jakarta Timur itu sudah diperiksa. Mulai tenaga pemasaran, treasury, hingga komisaris. Pemeriksaa­n tersebut dilakukan untuk mengetahui peran tersangka Agus Nugroho.

Menurut Febri, para saksi dari PT Pirusa diduga mengetahui rangkaian peristiwa suap dari Ashanti Sales Inc ke oknum pejabat PT PAL yang didistribu­sikan melalui Agus Nugroho. Total uang yang sudah diberikan sebesar USD 188 ribu.

Sebelumnya, KPK menangkap empat tersangka dalam kasus korupsi di PT PAL. Mereka adalah Direktur Utama M. Firmansyah Arifin, Direktur Keuangan dan Teknologi Saiful Anwar, General Manager (GM) Treasury PT PAL Arief Cahyana, serta pegawai PT Pirusa Sejati Agus Nugroho. Para pejabat PT PAL ditengarai menerima uang dari fee agency Ashanti Sales Inc atas penjualan dua kapal SSV. (tyo/c7/oki)

 ??  ?? Febri Diansyah
Febri Diansyah

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia