Jawa Pos

Kans Aurier-Mbodji Menuju Inggris

-

KEBERADAAN Zlatan Ibrahimovi­c bisa menjadi daya tarik bagi pemain yang ingin membela Manchester United. Terutama pemain dari Paris SaintGerma­in (PSG), yang notabene mantan klub Ibrahimovi­c. Rumor terbaru menyebutka­n, bek Serge Aurier akan mengikuti jejak Ibra –sapaan Ibrahimovi­c– untuk bergabung dengan United.

Padahal, kontrak fullback kanan 24 tahun itu masih tersisa hingga musim panas 2019. Namun, media Prancis L’Equipe menyebut Aurier menolak perpanjang­an kontrak. ’’Secara verbal, dia sudah menyatakan kesediaann­ya pindah ke Manchester,’’ kata sumber terdekat Aurier.

Aurier musim ini keluar masuk starting line-up. Dia bergantian dengan Thomas Meunier untuk mengisi posisi inti. Penampilan yang tak konsisten menjadi penyebab Aurier sulit mendapat garansi inti. Apalagi, akhir September lalu dia pernah dipenjara selama dua bulan setelah menyerang petugas kepolisian.

Dia juga di-banned untuk masuk ke Inggris ketika PSG bertandang ke London pada laga melawan Arsenal di fase grup Liga Champions (24/11). L’Equipe melaporkan, PSG tak bersedia menyebut harga yang dipatok untuk bek Pantai Gading itu. Bahkan, jika ada klub yang bersedia membayar hingga GBP 16,7 juta (Rp 286 miliar), PSG tetap tak bersedia.

United ingin menjadikan Aurier opsi pengganti Antonio Valencia. Dari 31 pertanding­an Premier League, Valencia bermain 26 laga.

Selain Aurier, pemain yang membuka jalan menuju Inggris adalah bek tengah Anderlecht Kara Mbodji. Sejak musim dingin lalu, bek 27 tahun itu diincar Leicester City dan Crystal Palace. Mbodji pun bakal menjadikan laga dini hari nanti ajang audisi. Apalagi, bek asal Senegal tersebut ingin bermain di Premier League. ’’Ambisi saya, salah satunya, ya bermain di Inggris. Di masa lalu saya punya kans ke sana, tetapi itu belum pernah terjadi,’’ tutur bek ber tinggi 192 sentimeter itu.

Lantas, bagaimana dengan kansnya terbang ke Inggris musim panas nanti? Pemain dengan 31 caps timnas Senegal itu tak berani berandai-andai. ’’Saya rasa di musim panas ini tak akan mudah. Lihat saja berikutnya. Tapi, untuk saat ini, prioritas saya bukan itu. Prioritas masih di Anderlecht,’’ imbuhnya.

Selain mencari bek baru, United juga bakal mengorbitk­an pemain-pemain akademi. Nah, untuk laga dini hari nanti, Jose Mourinho bakal menurunkan pemain belakang Axel Tuanzebe. Pemain 19 tahun ini adalah produk asli akademi United.

‘’ Kami sebetulnya bisa menganggap laga besok (dini hari nanti) sebagai uji coba, kalau sudah mengantong­i kemenangan 3-0 di Anderlecht,’’ papar Mourinho. ‘’Besok tetap akan menjadi laga yang menarik. Dan, saya tetap akan menurunkan Axel serta beberapa pemain muda tanpa harus memberi tekanan kepada mereka,’’ tandasnya.

Selama di tangani Mourinho, Tuanzebe baru sekali tampil untuk United. Yakni, saat United mengalahka­n Wigan Athletic 4-0 di Piala FA pada Januari lalu. Saat itu dia tampil sebagai pengganti. (ren/c19/bas)

 ?? FRED TANNEAU/AFP PHOTO ?? Mundo Deportivo NGEBET KE INGGRIS: Serge Aurier (kiri) menghindar­i tebasan gelandang Angers, Baptiste Santamaria, Jumat lalu (14/4).
FRED TANNEAU/AFP PHOTO Mundo Deportivo NGEBET KE INGGRIS: Serge Aurier (kiri) menghindar­i tebasan gelandang Angers, Baptiste Santamaria, Jumat lalu (14/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia