Jawa Pos

Bulls Mengerikan!

Menang Lagi, Unggul 2-0 versus Celtics

-

BOSTON – Sejak NBA beralih menggunaka­n format dengan 16 tim peserta pada 1984, sampai musim lalu, baru ada lima tim unggulan nomor 1 yang langsung tersingkir pada ronde pertama. Musim ini Boston Celtics bisa memperpanj­ang daftar kejutan tersebut.

Celtics yang menjadi pemuncak klasemen musim reguler wilayah timur musim tersebut sedang berada di ujung jurang. Pasalnya, pada game kedua kemarin, Isaiah Thomas dkk kembali takluk di tangan tim 8 Chicago Bulls. Tampil di kandang sendiri TD Garden, Celtics menyerah 97-111.

Hasil itu membuat Celtics kini tertinggal 0-2. Pada game pertama (17/4), mereka kandas 102-106 yang juga di kandang sendiri. Bulls kini punya kesempatan mengunci kemenangan dan melaju ke semifinal wilayah. Sebab, game ketiga (22/4) dan keempat (24/4) bakal berlangsun­g di kandang sendiri, United Center.

’’Semua orang bekerja ekstrakera­s. Jadi, aku sama sekali tidak terkejut dengan hasil yang kami dapat ini,’’ kata Jimmy Butler, bintang utama Bulls, sebagaiman­a dilansir ESPN.

Jika benar-benar mampu menyingkir­kan Celtics, Bulls setidaknya bisa bangkit dari trauma yang mereka dapatkan pada playoff 2012. Ketika itu, sebagai unggulan pertama wilayah timur, mereka yang langsung tersingkir pada ronde pertama kalah melawan Philadelph­ia 76ers dengan 2-4.

Kala itu Bulls gagal menunjukka­n permainan terbaik lantaranbi­ntangutama­mereka,DerrickRos­e(kiniNew YorkKnicks),mengalamic­edera anteriorcr­uciateliga­ment (ACL)parah.Capaianter­sebutsekal­igusmembua­tSixers menjaditim seeded 8terakhiry­angmampume­menangi ronde pertama sampai saat sekarang.

’’Untuk lolos ke playoff ini, pemain kami melewati pertanding­an-pertanding­an dengan tekanan yang tinggi dalam beberapa minggu terakhir. Aku kira itulah yang malah membantu kami ketika bertarung di playoff,’’ kata Head Coach Bulls Fred Hoiberg kepada Associated Press.

Permainan Bulls pada dua game awal playoff memang bertolak belakang dengan yang mereka peragakan sepanjang seri reguler. Saat itu performa mereka naik turun. Kadang bagus, tapi tak jarang juga melempem. Hasilnya, Butler dkk hanya membukukan rekor menang-kalah 41-41, sama persis dengan Miami Heat yang berada di peringkat ke-9. Namun, Bulls unggul head-to-head melawan Heat.

’’Dalam 82 game itu, kami belajar mengenal diri sendiri,’’ ucap bintang gaek Bulls Dwyane Wade. ’’Satu yang aku ambil dari tim ini di tengah situasi sulit adalah kami tetap bersama. Itulah yang membuat tim ini makin menyatu dan kuat,’’ tambah pengumpul tiga cincin juara bersama Miami Heat itu.

Kehadiran duo pemain senior semacam Wade dan eks bintang Celtics Rajon Rondo musim ini berdampak signifikan dalam babak playoff. Kematangan keduanya menjadi penyokong utama Butler yang merupakan bintang terpenting tim.

Kemarin ketiganya mengemas total 55 poin. Butler dan Wade masing-masing menyumbang 22 poin. Sementara itu, Rondo memerankan posisinya sebagai point guard dengan begitu apik. Pemain 31 tahun itu hampir mencetak triple-double dengan 14 assist, 11 poin, dan 9 rebound.

Celtics gagal menerobos pertahanan solid Bulls yang dikomando Robin Lopez di paint area. Dalam urusan rebound, Bulls unggul 43-38. Bulls juga mendulang poin lebih banyak dari paint area yang mencapai 32-20.

’’Rasanya di second half pergerakan bola kami berhenti,’’ ucap guard Celtics Avery Bradley. ’’Sebagai sebuah tim, seharusnya kami tahu kapan waktu menembak dan tidak,’’ tambahnya.

Capaian Bulls itu juga membuat mereka meraih catatan penting di sejarah NBA. Bulls menjadi satu di antara hanya dua tim seeded 8 yang menyapu bersih dua kemenangan pertama dalam ronde pertama. Satu tim lain yang mampu melakukan hal serupa hanya Los Angeles Lakers pada 1992–1993 yang menang atas Phoenix Suns.

Sementara itu, pada pertanding­an lain, Los Angeles Clippers bangkit. Kemarin mereka menaklukka­n Utah Jazz 99-91. Hasil itu membuat Clippers menyamakan kedudukan 1-1. Pasalnya, pada game pertama, mereka takluk 95-97 di tangan Jazz.

Kebangkita­n serupa dilakukan Toronto Raptors atas Milwaukee Bucks. Kemenangan 106100 kemarin membuat Raptors kini menyamakan kedudukan 1-1. (irr/c5/nur)

 ?? JOHN CETRINO/EPA ?? playoff seeded
JOHN CETRINO/EPA playoff seeded
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia