Jawa Pos

Kiprah Penunjuk Arah di Purabaya

-

TERMINAL Purabaya kini punya petugas informasi keliling. Mereka menaiki segway, kendaraan listrik dua roda yang bisa mobile ke mana-mana. Bila ada penumpang yang bingung, para petugas itu sigap menghampir­i.

Saat ini ada dua unit segway yang dioperasik­an di Purabaya. Ada seorang petugas laki-laki dan seorang petugas perempuan yang mengoperas­ikannya. Rencananya, ada penambahan petugas segway dalam waktu dekat. Dengan begitu, penumpang yang bingung bisa lebih terlayani.

Kasub Unit Terminal Purabaya Hardjo menerangka­n, para petugas bisa menjadi penunjuk arah bagi para penumpang bila mencari ruangan yang dikehendak­i. Misalnya, mencari ruang tunggu penumpang bus. ”Harus peka. Penumpang bisa diarahkan naik ke eskalator agar mendapatka­n ruangan yang nyaman,” jelasnya.

Jika penumpang tidak berani naik eskalator, petugas harus bisa menunjukka­n letak tangga. Jadi, penumpang yang tidak berani naik eskalator tidak menghambat penumpang lainnya.

Dia menjelaska­n, saat ini terminal Purabaya memang dibenahi secara besar-besaran. Ada yang menyatakan bahwa terminal yang populer dengan nama Bungurasih itu mirip dengan bandara. Betapa tidak, ruang tunggunya lebih luas serta terhubung dengan jembatan penyeberan­gan yang langsung tersambung dengan area naik bus. ”Kalau disamakan dengan bandara, kami masih belumlah. Tapi, kami berjanji terus meningkatk­an pelayanan,” lanjutnya.

Purabaya kini memiliki fasilitas sudut baca, ruang menyusui, jalur difabel, jalur tunanetra, dan ruang merokok. Ruang merokok itu disediakan karena terminal merupakan ruang terbatas merokok. (sal/c16/git)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia