Jawa Pos

Siswa SD Al Falah Juarai Kontes Robot

-

SURABAYA – Prestasi siswa Surabaya semakin moncer di kompetisi internasio­nal. Salah satunya SD Al Falah. Mereka baru saja memenangi ASEAN Marine Advance Technology Education (MATE) Underwater Robot Competitio­n 2017 untuk kategori scout (pemula).

Dalam kompetisi yang diselengga­rakan di kolam renang KONI Jatim itu, SD Al Falah mengirimka­n dua tim. Yakni, SDELFA dan KRI Dewaruci. Keduanya berhasil menyabet juara I dan II dalam kategori tersebut.

SDELFA terdiri atas lima siswa. Yakni, Adrian Maulana Syafar Putra Triar, Hernawan Santosa, M. Akbar Dzakwansya­h Yusuf, Zidan Yusra Pranata, dan Salwa Malwiya. Mereka masih kelas IV SD, kecuali Salwa yang saat ini kelas V. Meski demikian, kemampuan tim tersebut dalam mengendali­kan robot mengantark­an mereka menjadi juara dalam kompetisi itu.

Di kedalaman air tersebut, tim harus menyelesai­kan tantangan yang telah disediakan. Di antaranya, memasukkan kubus ke dalam check point, mengambil item kecil seperti gelang dan bola untuk digiring ke check point, menutup panel dengan kotak, dan menghidupk­an alarm kubus dengan sensor magnetik. ”Sebelum itu, ada presentasi pakai bahasa Inggris,” ujar Adrian Maulana Syafar Putra Triar.

Namun, kompetisi sesungguhn­ya berada di dalam air. Underwater robot terhubung dengan remote control melalui kabel. Di atas remote control, ada layar yang memperliha­tkan jalannya robot. Nah, siswa menjalanka­n robot melalui layar tersebut.

Dalam perlombaan tersebut, mereka harus menghadapi tim dari berbagai negara. Ada yang dari Thailand, Singapura, Malaysia, Tiongkok, dan Indonesia. Namun, karena sudah sering mengikuti perlombaan serupa, tim SD Al Falah tidak gentar.

Sementara itu, tim KRI Dewaruci berada di posisi juara II dalam perlombaan tersebut. Mereka sempat terkendala pada tantangan membawa benda kecil ke check point. Namun, akhirnya tetap bisa membawa pulang piala dan sertifikat laga tingkat Asia Tenggara itu. (ant/c6/nda)

 ??  ?? DUA POSISI: Tim Robotik SD Al Falah Surabaya berhasil menyabet juara I dan II ASEAN MATE Underwater Robot Competitio­n 2017 di Lapangan KONI pada 15–16 April. ANTIN IRSANTI/JAWA POS
DUA POSISI: Tim Robotik SD Al Falah Surabaya berhasil menyabet juara I dan II ASEAN MATE Underwater Robot Competitio­n 2017 di Lapangan KONI pada 15–16 April. ANTIN IRSANTI/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia