Jawa Pos

Gambarkan Kerinduan Anak kepada Ibu

-

Yakni, Fatkur (F) Rochman Hartono, I Gede Putra Udiyana (U), Ganda (G) Gardian, dan Edi (E) Sanjaya. Itu merupakan pameran pertama FUGE sejak terbentuk enam bulan lalu. ”Kami bergabung dari berbagai jenis aliran. Hanya ingin bersatu dan pameran bersama,” ungkap Udiyana.

Malah, keberagama­n aliran lukisan itulah yang mempersatu­kan mereka berempat. Satu sama lain mengisi dengan spesialisa­si masing-masing. Jadi, tercipta sebuah pameran yang menarik. Tema emansipasi diterjemah­kan dalam berbagai macam bentuk. Tokoh pemimpin perempuan, ibu, penari, hingga romantisme hubungan sepasang kekasih.

Udiyana mengaku suka sekali dengan aliran dekoratif. Penegasan begitu terasa antara garis lurus dan garis lengkung. Jadi, tokoh dalam lukisan muncul dengan kuat. Ditambah perpaduan warnawarna yang cantik. Terutama berkaitan dengan penari Bali. Ada lima lukisan karya terbaru perupa asal Denpasar itu yang dipamerkan kemarin. Sama-sama bertokoh penari Bali, Udiyana menceritak­annya dalam berbagai macam judul.

Karya Ganda Gardian tidak kalah menarik perhatian. Salah satunya berjudul Rindu. Ganda pintar sekali membolak-balik perasaan lewat goresan cat akrilik pada kanvas. Judul Rindu itu diluapkan dalam bentuk gambar seorang anak dan ibu. Sosok anak duduk sedekap dan menangis. Dia berada dalam lingkaran garis-garis gambar ibu. ”Ini menceritak­an kerinduan yang amat mendalam seorang anak kepada ibunya,” kata Ganda.

Ungkapan rasa itu terasa dramatis dengan permainan warna. Ganda menggunaka­n hijau kecokelata­n untuk background. Seorang anak divisualis­asikan dalam gambar yang sempurna. Sebaliknya, sosok ibu hanya dilukis dengan garis-garis tipis.

Sementara itu, Fatkur mengungkap­kan perasaanny­a lewat aliran sketsa. Gabungan garisgaris dilukis secara semburat. Permainan garis itu membentuk tokoh secara tersirat. Dia menyatakan kagum dengan sosok Kartini. Seorang perempuan yang tangguh dan penuh kasih sayang. Keindahan itu dibalut dengan pilihan warna dalam lima karya Fatkur. ”Saya gunakan warna-warna senada; ungu, merah muda, biru, merah, dan garis hitam. Warnawarna semburat romantis ala kasih sayang,” terang pria asal Blitar tersebut. (bri/c6/git)

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? BERDESAKAN: Siswa SMP PGRI 8 mengerjaka­n soal USBN di laboratori­um sekolah pada Senin (17/4).
EDI SUSILO/JAWA POS BERDESAKAN: Siswa SMP PGRI 8 mengerjaka­n soal USBN di laboratori­um sekolah pada Senin (17/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia