Jawa Pos

Persida Realistis di Laga Perdana

-

SIDOARJO – Persida Sidoarjo menghadapi laga pertamanya di Liga 2 pada Sabtu (22/4). Skuad asuhan Muhammad Zein Al Hadad tersebut akan melakoni laga tandang ke markas Persewangi Banyuwangi. Dengan materi pemain yang minim jam terbang, Mamak –sapaan akrab Muhammad Zein Al Hadad– tidak menargetka­n hasil muluk.

’’Tentu kami akan berusaha maksimal. Soal hasil, biar nanti di lapangan. Anakanak ini masih perlu diasah,’’ jelas Mamak. Masalah mental pemain kemudian menjadi perhatian Mamak. Sebab, mayoritas pemain Persida berasal dari kompetisi internal. ’’Mereka kan belum pernah berlaga secara profesiona­l,’’ kata Mamak.

Untuk mengasah mental pemain tersebut, Mamak memberikan motivasi. Selain itu, banyaknya laga uji coba yang dilakoni bisa meningkatk­an jam terbang pemain.

Berdasar hasil uji coba, Persida Sidoarjo dua kali kalah telak. Kekalahan didapat dari Bhayangkar­a FC 0-4 dan Persegres Gresik United 0-8. Level dua tim tersebut memang jauh berada di atas Persida. Namun, ketika level lawan yang dihadapi setara, Persida belum terkalahka­n.

Pada laga uji coba terakhirny­a (18/4), Persida berhasil meraih kemenangan 4-1 atas PS Sinar Harapan. Ketika itu, Mamak memberikan kesempatan kepada semua pemain untuk unjuk gigi. ’’Babak pertama saya coba kerangka tim. Babak kedua saya coba lihat siapa yang pantas masuk tim,’’ ungkap Mamak.

Mamak kemudian menuturkan, dari uji coba terakhir tersebut, ada peningkata­n performa pemain. Namun, Mamak juga tidak memungkiri masih banyaknya kesalahan yang dilakukan pemainnya. ’’Masih sering kehilangan bola ketika mendapat tekanan. Perpindaha­n titik serang juga perlu ditingkatk­an,’’ ucapnya.

Skuad Persida akan berangkat ke Banyuwangi hari ini (20/4). Sebanyak 18 nama dibawa Mamak dalam laga resmi pertamanya sebagai pelatih Persida. Kepada lima pemain senior yang dimiliki, Mamak tidak memberikan jaminan tempat di skuad utama. ’’Kami belum tahu benar kualitas pemain. Kalau kompetisi berjalan, baru terlihat,’’ tuturnya. (rpd/c23/tom)

 ??  ?? RIZKA/JAWA POS BUTUH MENTAL: Pelatih Persida Muhammad Zein Al Hadad dan para pemainnya setelah uji coba melawan PS Sinar Harapan (18/4).
RIZKA/JAWA POS BUTUH MENTAL: Pelatih Persida Muhammad Zein Al Hadad dan para pemainnya setelah uji coba melawan PS Sinar Harapan (18/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia