Jawa Pos

Cath Lab untuk Pasien Jantung Koroner

-

SIDOARJO – Jantung koroner termasuk penyakit yang ditakuti masyarakat. Selain angka kasus yang terus meningkat, penyakit tersebut menjadi penyebab kematian tertinggi. Karena itu, RSUD Sidoarjo akan menambah fasilitas pelayanan cath lab untuk kateterisa­si jantung dan angiografi tahun ini

”Saya tergerak untuk ikut. Menjadi polisi pasti memberikan kebanggaan bagi keluarga. Belum ada yang jadi polisi,” tuturnya.

Kemudian, Darti mendaftark­an diri di sekolah bintara polisi (seba). Darti yang hanya berusaha memenuhi persyarata­n yang ditentukan ternyata lulus. ”Lulus pendidikan ditempatka­n di Diklat Polda Jatim. Mulai 1989 sampai 1996,” ucapnya.

Menurut perempuan kelahiran 28 Februari 1968 itu, kegiatan di kepolisian banyak dihabiskan mulai pagi hingga sore. Darti yang sejak kecil selalu ingin berkembang mengisi waktu luang dengan menempuh pendidikan S-1. Dia berkuliah setelah bekerja dengan mengambil jurusan ilmu administra­si.

Setelah lulus kuliah, dia mendaftar sekolah perwira polisi. Kala itu, Darti menyandang pangkat sersan satu (sertu) atau brigadir polisi satu (briptu). ”Langsung diterima. Begitu keluar pendidikan pada 1997, ditempatka­n di Lemdik Pusdik Sabhara Porong,” tuturnya.

Perempuan 49 tahun tersebut hampir tiga tahun bertugas di kawasan selatan Kota Delta. Selanjutny­a, dia pindah tugas menjadi Kasubbag Perawatan Personel Polres Sidoarjo. Lalu, dia menjadi Kanitbinma­s Polsek Sidoarjo Kota setahun berselang. ”Waktu itu masih berpangkat ipda. Beberapa bulan kemudian turun sprint lagi, mengisi jabatan Wakapolsek,” katanya.

Darti mengungkap­kan, jabatan Kapolsek Sidoarjo Kota saat itu juga dipegang seorang perempuan. Nah, setahun kemudian, dia diamanahi untuk menggantik­an tugas kese harian Kapolsek. ” Beliau cuti melahirkan,” lanjutnya.

Namun, dia tidak lama mengemban tugas itu. Beberapa bulan berselang, dia mendapat tugas pertamanya sebagai Kapolsek yang asli. Yaitu, di Tulangan. Darti menyandang pangkat baru satu tingkat lebih atas pada perpindaha­n tersebut. Dua tahun berlalu, Darti bergeser menjadi Kapolsek Sukodono. Dia juga menduduki jabatan itu selama dua tahun.

Darti lantas ditunjuk sebagai Kapolsek Taman dengan pangkat AKP. Dia hanya menduduki kursi itu sepuluh bulan karena harus bergeser menjadi Kapolsek Waru. ”Sampai 2009, kemudian dipindah ke Surabaya. Di sana naik pangkat menjadi kompol ketika menjadi Kasiwas. Pada akhir 2015, kembali ke Sidoarjo jadi Kabagren,” paparnya.

Menurut dia, tugas sebagai perencana anggaran menjadi tantangan tersendiri. Meski belum pernah menduduki jabatan serupa, dia optimistis mampu menjalanka­n tugas dengan baik. Terlebih, kaum hawa selama ini identik dengan tugas mengatur keuangan dalam kehidupan pribadi dengan keluargany­a. ”Harus cermat dan teliti karena berkaitan dengan kepentinga­n banyak orang,” ujar anak ketujuh di antara delapan bersaudara tersebut.

Darti menyampaik­an, melaksanak­an tugas dengan sebaik-baiknya adalah bagian dari pengabdian kepada negara. Dia merasa bangga karena bisa menyumbang­kan pikiran dan tenaganya meski terkadang harus mengesampi­ngkan kepentinga­n keluarga. ”Jejak perjuangan Kartini adalah salah satu insipirasi. Wanita juga bisa melaksanak­an tugas dengan baik,” katanya.

Dia menambahka­n, perjuangan merintis karir di kepolisian tidak semudah membalikka­n telapak tangan. Banyak rintangan yang harus ditempuh. Dulu, ketika masih menjabat Kapolsek, dia harus rela mengorbank­an banyak waktu. ”Waktu bersama keluarga akhirnya berkurang,” kenangnya.

Dia kerap berangkat kerja pagi buta sebelum anak-anaknya bangun. Dia pulang larut malam ketika keluargany­a sudah terlelap. ”Bukti emansipasi wanita dari dunia polisi. Sosok Kartini adalah inspirasi yang tidak akan hilang ditelan waktu. Dia membawa perubahan besar bahwa wanita tidak kalah dengan pria,” tandasnya. (*/c16/dio)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? BARU: Cath lab milik RSUD Sidoarjo untuk pasien jantung koroner.
BOY SLAMET/JAWA POS BARU: Cath lab milik RSUD Sidoarjo untuk pasien jantung koroner.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia