Jawa Pos

Kitas Belum Beres, Ketum PSSI Izinkan Tetap Main

Besok Bertemu dengan Imigrasi-Kemenaker

-

JAKARTA – Edy Rahmayadi pasang badan. Dalam kasus para pemain asing yang belum memiliki kartu izin tinggal terbatas (kitas), ketua umum PSSI itu mengizinka­n mereka tetap bermain dan siap bertanggun­g jawab secara hukum.

”Sebab, klub-klub meminta operator agar diizinkan untuk memainkan pemain asing itu dan saya izinkan. Kalau pemain asing macam-macam atau katakanlah melanggar hukum, biarkan saya yang nanti dipenjara. Saya akan pertanggun­gjawabkan semuanya, bukan PSSI,” katanya di sela-sela perayaan HUT PSSI Ke-87 di kantor PSSI, Jakarta, kemarin (19/4).

Berdasar data BOPI (Badan Olahraga Profesiona­l Indonesia), ada 25 pemain asing di Liga 1 yang tersebar di berbagai klub yang belum memiliki kitas. Otomatis, mereka seharusnya tak boleh dimainkan.

BOPI juga menyerahka­n laporan resmi tentang persoalan itu kepada Direktorat Jenderal Imigrasi. Pada Selasa (18/4), Kantor Imigrasi Kelas I Bandung mengeluark­an teguran keras ke PT Persib Bandung Bermartaba­t (PBB) selaku pengelola Persib.

Sebab, PT PBB belum menyelesai­kan pengurusan kitas untuk dua marquee player- nya, Michael Essien dan Carlton Cole. Padahal, keduanya sudah diturunkan dalam laga pembuka Liga 1 melawan Arema FC (15/4).

Berdasar data BOPI, puluhan pemain terancam tidak bisa tampil membela klub masing-masing di pekan kedua Liga 1. Edy mengaku harus campur tangan karena tidak mau masalah tersebut berlarut-larut. Juga, panglima komando strategis cadangan angkatan darat itu enggan melihat klub mengalami kerugian lebih banyak.

”Saya minta maaf, bukan mengecilka­n, bukan tutup telinga bagi orang-orang yang mau berbicara soal hal itu. Tapi, percayalah, pemain asing yang bermain di kompetisi negeri kita tidak sama dengan tenaga kerja asing ilegal yang mau bekerja di Indonesia secara sembunyi-sembunyi. Saya jamin mereka tidak akan lari dan mau lari lewat mana pun,” jelasnya.

Sejatinya, Edy menyadari bahwa masalah pemain asing yang tidak memiliki kitas, tapi tetap dimainkan sejumlah klub di Liga-1 tersebut memang menyalahi aturan keimigrasi­an dan ketenagake­rjaan di Indonesia. Namun, lanjut dia, ada kepentinga­n yang besar dari sepak bola Indonesia yang hendak dibela.

Edy mengizinka­n para pemain asing bermasalah itu tetap bermain karena mereka sudah berkomunik­asi dengan pihak imigrasi, BOPI, serta Kementeria­n Tenaga Kerja (Kemenaker) secara nonformal. Rencananya, pertemuan secara resmi antara mereka dilakukan pada Jumat (21/4).

Saat dihubungi terpisah, Sekjen BOPI Heru Nugroho mengungkap­kan bahwa bukan saatnya lagi pihaknya harus dikaitkan dengan masalah pemain tak berkitas tersebut. ”Sebab, kami sudah memberikan laporan kepada pihak keimigrasi­an dan Kementeria­n Tenaga Kerja. Apa yang nanti mereka putuskan, kami menerima saja,” ungkapnya. (ben/c16/ttg)

 ?? SIDIK M. TUALEKA/JAWA POS ?? PASANG BADAN: Edy Rahmayadi berbicara kepada media di sela perayaan HUT PSSI di kantor PSSI di Jakarta kemarin (19/4).
SIDIK M. TUALEKA/JAWA POS PASANG BADAN: Edy Rahmayadi berbicara kepada media di sela perayaan HUT PSSI di kantor PSSI di Jakarta kemarin (19/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia