Jawa Pos

Nonton Film di ”Batu” Nisan

-

BUAT sebagian, bahkan banyak orang, mengunjung­i makam adalah hal yang mengerikan. Memandang batu nisan bertulisan identitas orang yang dimakamkan di bawahnya, biasanya muncul suasana sepi-sepi angker

Namun, itu bisa dihilangka­n. Perusahaan Slovenia Bioenergij­a bakal merilis gadget khusus untuk ”meramaikan” makam. Apa itu? Nisan digital. Desain nisan itu terbilang gede. Hampir seukuran nisan pada makam orang Tionghoa. Penanda makam tersebut didesain tahan beragam cuaca. Plus, tahan dengan beragam jenis vandalisme.

”Dengan nisan ini, keluarga tidak cuma menuliskan nama dan tanggal lahir mendiang. Mereka bisa menulis novel kalau mau,” kata ahli pemrograma­n komputer Bioenergij­a Milan Zorman.

Selain tulisan, keluarga bisa mengunggah lagu, foto, hingga film di nisan modern itu. Bahkan, Zorman berencana menambahka­n aplikasi supaya konten di dalam batu nisan bisa dinikmati lewat ponsel pintar para peziarah. Cara kerja batu nisan itu cukup unik. Ketika peziarah berada di depan nisan selama beberapa detik, layar bakal mulai bekerja.

”Nisannya bekerja dengan sistem sensor supaya lebih hemat energi,” ungkap Zorman.

Tentu saja, biaya untuk memajang nisan keren tersebut tidak murah. Satu unit berharga 3 ribu euro (sekitar Rp 42,7 juta). Itu pun harus inden. Sebab, jumlah pesanan yang masuk amat tinggi. Tapi, kalau di Indonesia mending jangan masang nisan canggih. Bisa-bisa digarong maling. Wong bunga yang baru ditabur di makam saja kadang bisa ”hilang” dengan ajaib. (express/fam/c10/ang)

 ?? SPRINGWISE.COM ??
SPRINGWISE.COM

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia