Jawa Pos

Pemilik Statistik Terbaik

Juve Jago Bertahan, Monaco Raja Gol

-

NYON – Keinginan kapten sekaligus kiper Juventus Gianluigi Buffon sekali lagi terkabul. Di perempat final, Buffon tidak ingin Juve bertemu Leicester City dan kesampaian seiring bertemu Barcelona. Lalu, di semifinal, Atletico Madrid yang ingin dihindari Buffon tak akan menjadi lawan La Vecchia Signora –julukan Juve.

Namun, AS Monaco yang menjadi lawan Juve berdasar hasil di markas UEFA di Nyon, Swiss, kemarin (21/4) tetap bukan lawan empuk bagi Buffon dkk. Sebagai klub yang paling tidak difavoritk­an juara di antara semifinali­s, Monaco diyakini memiliki motivasi dahsyat untuk membalikka­n prediksi.

Juve, pasca menyingkir­kan Barca, memang disebut sebagai favorit juara (bersama Real Madrid) seiring punya lini pertahanan terbaik di Liga Champions musim ini. Yakni, baru kebobolan dua gol dalam sepuluh laga. Bandingkan dengan Monaco yang sudah kebobolan 16 gol. Tetapi, coba tengok lini serang mereka.

Los Monegasque­s –julukan Monaco– adalah tim paling subur di lima liga elite Eropa musim ini dengan torehan 143 gol. Meski kalah subur oleh Real di Liga Champions musim ini (Monaco 21 gol, Real 28 gol), lini serang Monaco punya kombinasi apik. Yakni, antara kematangan- pengalaman (Radamel Falcao) dan energi (Kylian Mbappe).

’’Kami senang terhindar dari Real, tetapi Monaco adalah tim yang sangat berbahaya,” kata bek kanan Juve Stephan Lichtstei ner kepada

’’Mereka punya banyak pemain muda, mencetak banyak gol, dan dengan pelatih yang sama selama dua tahun terakhir ( Leonardo Jardim) mampu memainkan sepak bola bagus,’’ sambungnya.

Pengalaman musim ini, Juve yang dihuni para pemain veteran, khususnya di lini pertahanan, kerepotan menghadapi tim yang dihuni pemain muda bertalenta. Contohnya saat bersua AC Milan. Di Serie A, Juve sekali menang dan sekali kalah. Lalu, di Supercoppa Italiana di Doha, Qatar, Desember lalu, Buffon dkk kalah dalam adu penalti. Jika dirata-rata, reguler Juve musim ini berusia 29,55 tahun. Monaco? 25,28 tahun.

Potensi Monaco yang bisa menyulitka­n Juventus diakui Leo nardo Bo nucc i . Apalagi de- ngan ambisi Juve meraih musim ini. Di ajang domestik, Juve nyaman memuncaki Serie A dan sudah menembus final Coppa Italia. ’’AS Monaco juga memuncaki kompetisi di negerinya (Ligue 1). Itu berarti mereka adalah tim yang tangguh,” kata bek Juve tersebut kepada Sementara itu, dari kubu Monaco, pelatih Leonardo Jardim menyebut Juve adalah tim yang kuat secara taktik. ’’Pertahanan mereka ( Juve) mungkin yang terbaik di Eropa saat ini,” ucapnya kepada ( dra/c17/dns)

 ??  ?? drawing starting eleven winners treble
drawing starting eleven winners treble
 ?? VALERY HACHE/AFP ?? Sport Italia. skill- Sky Tuttosport. L’Equipe.
VALERY HACHE/AFP Sport Italia. skill- Sky Tuttosport. L’Equipe.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia