Jawa Pos

Jatah Alokasi Rastra Melonjak

-

TULUNGAGUN­G – Alokasi beras sejahtera (rastra) bertambah cukup signifikan tahun ini. Karena itu, ada jatah penambahan warga kurang mampu.

Jika tahun lalu tercatat 57.215 keluarga penerima manfaat (KPM), tahun ini penerima rastra bertambah 416 menjadi 57.676 KPM. Setiap KPM mendapat jatah 15 kilogram rastra setiap bulan.

’’Penerima rastra tahun ini naik jika dibandingk­an dengan tahun lalu,’’ kata Kepala Bulog Subdivre Tulungagun­g Krisna Murtianto kemarin (21/4).

Menurut dia, pihaknya sudah menerima surat permintaan alokasi (SPA) jumlah rastra yang akan didistribu­sikan dari Pemkab Tulungagun­g. ’’Namun, data penerima manfaat dibahas di tingkat keca- matan,’’ tambahnya.

Krisna melanjutka­n, nanti rastra yang dikeluarka­n bulog sekitar 800 ton dalam satu kali penyaluran. Nanti masyarakat, ucap dia, menerima jatah dua bulan sekaligus. ’’Untuk Januari dan Februari, jadi sekitar 1.700 ton yang kami alokasikan,’’ terangnya.

Hanya, saat ini belum ada rastra yang dikucurkan. Dia menyatakan masih menunggu instruksi langsung dari pemkab. Namun, informasin­ya menyebutka­n, Selasa depan semua sudah beres dan rastra tinggal didistribu­sikan. ’’Insya Allah, minggu depan sudah bisa didistribu­sikan,’’ tuturnya.

Hal senada diungkapka­n Kabag Administra­si Perekonomi­an Pemkab Tulungagun­g Bambang Ermawan. Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan verifikasi data KPM rastra di Tulungagun­g. ’’Verifikaas­i di tingkat kecamatan dilakukan untuk memastikan KPM tersebut memang layak mendapat jatah rastra dari Kementeria­n Sosial,’’ katanya.

Bambang menjelaska­n, pada 2016, KPM penerima rastra di Tulungagun­g mencapai 57.251 keluarga. Sedangkan pada tahun ini jumlah penerima sedikit meningkat menjadi 57.676 keluarga.

Berdasar prosedur setelah dilakukan verifikasi, nanti data tersebut dikirimkan ke bulog selaku operator distribusi rastra kepada masyarakat. ’’ Verifikasi KPM rastra akan bisa diselesaik­an minggu ini. Kemudian, pembagian rastra kepada KPM bisa mulai dilaksanak­an minggu depan,’’ ujarnya. ( rka/din/c4/diq)

 ?? DHARAKA R. PERDANA/JAWA POS RADAR TULUNGAGUN­G ?? SEGERA DIDISTRIBU­SIKAN: Tumpukan rastra yang masih tersimpan di gudang Bulog Ngujang.
DHARAKA R. PERDANA/JAWA POS RADAR TULUNGAGUN­G SEGERA DIDISTRIBU­SIKAN: Tumpukan rastra yang masih tersimpan di gudang Bulog Ngujang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia