Jawa Pos

Cegah Chant Berbau Rasis

-

TOTTENHAM Hotspur adalah klub yang punya identitas Yahudi. Identitas itulah yang membuat Tottenham kerap menjadi sasaran rasis fans rival. Terutama rival sekota seperti Arsenal dan Chelsea. Fans dua klub tersebut kerap melontarka­n chantchant bernada rasis kepada Spurs, sebutan Tottenham. Chant itu bisa muncul lagi di Stadion Wembley, London, malam nanti WIB.

Nah, untuk mengantisi­pasinya, Aksi Amal Melawan Diskrimina­si (AAD) dan Dewan Deputi Yahudi Inggris (BOD) sebagai dua organisasi Yahudi menyerukan kepada Chelsea dan Spurs agar bertindak keras. Kedua klub harus mendesak fansnya agar menahan diri dari nyanyian rasis. Lalu bekerja sama dengan polisi untuk memastikan pelaku pelanggara­n ditangkap dan diganjar sanksi. ”AAD bersama direksi meminta Chelsea dan Spurs, FA, serta Kepolisian Metropolit­an supaya dapat datang bersama dan mengambil sikap melawan nyanyian rasis,” tulis AAD dalam rilisnya seperti dikutip Daily Mail.

Upaya bisa dilakukan melalui media sosial. Sebab, H-1 sebelum laga yang disebut ESPN sebagai rivalitas baru di Inggris itu, tensi mulai meninggi. Toleransi atas tindakan tersebut diminta untuk diminimalk­an. ”AAD dan BOD percaya bahwa nyanyian bernada rasisme itu layak diganjar hukuman berat,” lanjut rilis tersebut.

Jonathan Metliss sebagai chairman AAD memberikan penegasan kepada pihak Chelsea. ”Sudah saatnya nyanyian-nyanyian yang kejam dari pendukung Chelsea terhadap pendukung Tottenham diakhiri,” tuturnya.

Metliss dan pihak AAD dan BOD punya alasan mendesak dua klub semifinali­s Piala FA itu bersikap tegas. November lalu, saat Chelsea mengalahka­n Spurs 2-1 di Stamford Bridge, fans Chelsea dituduh menyanyika­n lagu-lagu rasis di London Undergroun­d.

Chelsea pun langsung bertindak cepat. Dikutip London Evening Standard, mereka telah menjalin komunikasi dengan pihak terkait. Juga dengan fans lainnya untuk melaporkan adanya nyanyian rasis itu. (ren/c9/bas)

 ?? ESPN ?? HINDARI SARA: Suporter Chelsea saat memberikan dukungan buat tim kesayangan­nya di Stamford Bridge.
ESPN HINDARI SARA: Suporter Chelsea saat memberikan dukungan buat tim kesayangan­nya di Stamford Bridge.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia