Jawa Pos

Ujian Pas untuk Pembalap Timnas

Banyuwangi Internatio­nal BMX 2017

-

SURABAYA – Persaingan ketat para pembalap BMX bakal tersaji di Banyuwangi Internatio­nal BMX 2017 yang digelar hari ini (22/4). Tak hanya diikuti para pembalap tanah air, kejuaraan yang sudah memasuki tahun kedua tersebut juga diikuti sejumlah pembalap mancanegar­a. Selain Indonesia, pembalap dari lima negara lainnya yang bakal berlaga adalah Australia, Malaysia, Jepang, Amerika Serikat, dan Hongkong.

Gelaran balap sepeda yang masuk kalender UCI (Union Cycle Internatio­nal) itu dihelat di sirkuit BMX Muncar yang akan menjadi venue perlombaan dan berlangsun­g dua hari hingga besok (23/4). Ajang tersebut diprediksi berlangsun­g ketat lantaran jumlah peserta meningkat.

Bila tahun lalu Australia hanya menurunkan satu pembalap, tahun ini Negeri Kanguru tersebut menerjunka­n lima pembalap. Begitu pula negara lainnya. Pembalap dari timnas Malaysia dan timnas Indonesia turut memanas- kan persaingan dalam lomba kali ini. ”Timnas Indonesia dan Malaysia turun full team dalam race kali ini untuk persiapan menghadapi SEA Games Malaysia,” terang pelatih timnas BMX Dadang Haris Purnomo.

Tentu, hal itu akan memberikan tantangan yang cukup sengit bagi para pembalap tanah air. Meski bakal menemui lawan-lawan yang cukup berat, Dadang optimistis para pembalap Merah Putih mampu bersaing dengan pembalap mancanegar­a. Sebab, Toni Syarifudin dkk telah mengenal sirkuit Muncar lebih baik ketimbang para pembalap asing. ”Hal itu jadi poin plus untuk timnas bisa bersaing,” lanjutnya.

Banyuwangi Internatio­nal BMX 2017 dimulai pukul 08.00 pagi ini. Rangkaian lomba berlangsun­g hingga Minggu besok (23/4). ”Perlombaan dimulai sejak pagi. Semua kategori akan bertanding sampai selesai. Untuk jadwal, semua peserta sudah mengantong­i waktu penentuan bertanding,” tutur Ketua Komisi BMX Banyuwangi Laksmarion Moll. Sementara itu, berdasar hasil pantauan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi, peserta Internatio­nal BMX yang melakukan uji coba itu, antara lain, kategori challenge boy 5, 6, dan 13. Ada juga kategori challenge grill, challenge boy 14, 15, dan 16. Disusul peserta kelas junior, elite women, dan peserta kelas junior elite men.

Dalam kategori elite women, pembalap nasional Elga Kharisma Novanda diprediksi mampu kembali memboyong medali emas dan tidak akan menemui banyak kesulitan. Menurut dia, tak banyak pembalap putri dari tanah air maupun mancanegar­a yang kemampuann­ya setara dengan pemenang Banyuwangi Internatio­nal BMX tahun lalu tersebut.

Selain itu, ajang Internatio­nal BMX itu merupakan cara ISSI Jatim memantau bibit atlet untuk dipersiapk­an menghuni puslatda proyeksi PON XX/2020 Papua. ”Dari kejuaraan itu, akan kami pantau siapa saja atlet-atlet yang potensial untuk ditarik ke puslatda,” ucap pelatih BMX Jatim Benny Setyawan. (nes/c16/ady)

 ?? NUR HARIRI/RADAR BANYUWANGI ?? LATIHAN RESMI: Sejumlah peserta dari berbagai kategori lomba melakukan uji coba di arena sirkuit BMX Muncar, Banyuwangi, kemarin (21/4).
NUR HARIRI/RADAR BANYUWANGI LATIHAN RESMI: Sejumlah peserta dari berbagai kategori lomba melakukan uji coba di arena sirkuit BMX Muncar, Banyuwangi, kemarin (21/4).
 ?? RENDRA KURNIA/RADAR BANYUWANGI ?? ANTUSIAS: Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (tengah) saat jumpa pers Banyuwangi Internatio­nal BMX 2017 di Green Airport Blimbingsa­ri, Banyuwangi, kemarin (21/4).
RENDRA KURNIA/RADAR BANYUWANGI ANTUSIAS: Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (tengah) saat jumpa pers Banyuwangi Internatio­nal BMX 2017 di Green Airport Blimbingsa­ri, Banyuwangi, kemarin (21/4).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia