Jawa Pos

Pamer Karya saat Terima Rapor Sisipan

-

SURABAYA – Suasana penerimaan rapor sisipan siswa kelas X dan XI di SMAN 16 Surabaya jauh dari kesan tegang. Sebab, mereka menggelar kegiatan pameran dan pergelaran karya seni anak-anak di halaman sekolah. Setelah mengambil rapor anak-anaknya, para orang tua bisa melihat karya buah hatinya di stan yang tersedia.

Pameran karya diikuti seluruh siswa kelas X. Ada berbagai karya seni. Mulai seni dua dimensi, maket bangunan dari bahan bekas, hingga pertunjuka­n. Misalnya, baca puisi, band, grup vokal, dance, dan drama. ”Setiap siswa wajib menampilka­n satu karya individu dan kelompok,” ujar Wakahumas SMAN 16 Surabaya Abdul Razzaq Thahir.

Guru seni budaya yang akrab disapa Reza itu menuturkan, kegiatan tersebut tak sekadar hiburan. Namun, juga masuk penilaian pelajaran seni budaya. Nilai akan direkapitu­lasi untuk rapor semester genap.

Karena itu, siswa diminta memberikan penampilan terbaik. Kemarin di halaman SMAN 16 disediakan tendatenda khusus. Setiap tenda berisi karya seni siswa per kelas. Agar tampilan lebih menarik, mereka menyajikan­nya dengan tema khusus. Ada yang menggunaka­n tema black and white, horor, hingga into the woods.

Pameran karya itu berlangsun­g dua hari. Kamis (20/4) pameran diikuti siswa kelas X MIA 1–5. Hari kedua kemarin (21/4) giliran kelas X MIA 6-8 dan X IIS 1-2 yang unjuk kebolehan.

Labiba Safaalma, ketua pameran kelas X MIA 4, menuturkan bahwa persiapan kegiatan itu dirancang sejak awal semester. Karena mengambil tema suasana hutan, gambar yang mereka buat harus berkaitan dengan tema itu. ”Makanya, banyak gambar pemandanga­n dan hewan-hewan liar di sini,” tuturnya. (ant/c10/nda)

 ?? ANTIN IRSANTI/JAWA POS ?? HITAM PUTIH: Aswin Mahir memperhati­kan visualisas­i karya teman-temannya dari kelas X MIA 2 SMAN 16 Surabaya.
ANTIN IRSANTI/JAWA POS HITAM PUTIH: Aswin Mahir memperhati­kan visualisas­i karya teman-temannya dari kelas X MIA 2 SMAN 16 Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia