Jawa Pos

Latih Kemandiria­n ABK

-

GRESIK – Momen Hari Kartini dimanfaatk­an tenaga pengajar Resource Center untuk melatih keberanian siswanya. Sebanyak 20 anak berkebutuh­an khusus (ABK) mengenakan busana tradisiona­l dan modern. Mereka lantas berlenggak-lenggok di atas panggung.

Satu per satu para ABK naik ke panggung. Mereka sangat ceria. Bersama para pendamping dari Resource Center, para ABK berpose di hadapan para undangan. Fatmawati, ibunda Difa, penyandang cerebral palsy (CP), mengaku sempat melatih putrinya dalam memeragaka­n busana. Mulai cara berjalan hingga menegakkan badan. ”Misalnya posisi dada ke depan, belajar melempar senyum,” ujarnya kemarin (21/4).

Perempuan asal Kecamatan Bungah itu menyatakan, Difa termasuk anak yang moody. Suasanya hatinya sangat mudah berubah. Karena itu, persiapan perlu dilakukan sebelum tampil di depan panggung. ”Beruntung, dia sudah sering ikut lomba. Jadi tidak kaget,” lanjutnya.

Berbeda dengan Aira. Penyandana­g slow learner itu tidak banyak melakukan persiapan atau latihan khusus. Meski belum terbiasa, Aira tampak percaya diri di atas panggung. ”Anaknya memang tidak mudah minder,” kata Sugiatik, ibunda Aira.

Kepala Recource Center Innik Hikmatin menuturkan, peragaan busana tidak hanya melatih rasa percaya diri ABK. Acara tersebut juga menjadi terapi sosial bagi anak. ”Meski berkebutuh­an khusus, anak-anak harus bisa mandiri,” ujarnya.

Innik menilai, rasa percaya diri tidak hanya ditumbuhka­n pada anak-anak. Rasa percaya diri juga perlu dimiliki para orang tua. Sebab, tidak sedikit orang tua ABK yang tidak bisa menerima kondisi buah hatinya. ”Bagaimanap­un kondisinya, orang tua harus bisa menerima dengan ikhlas,” katanya. ”Harus diterima, disayang dan dirawat dengan ikhlas,” tuturnya.

Kegiatan bersama antara para orang tua dan ABK itu bisa menumbuhka­n motivasi untuk merawat dan membesarka­n anak. Karena itu, komunikasi antarorang tua juga perlu dijalin. ”Antar-orang tua bisa saling memberikan motivasi untuk yang lain,” jelasnya. ( adi/c21/ai)

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia