Jawa Pos

Long Weekend, Siapkan KA Tambahan

-

SURABAYA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 kembali mengoperas­ikan kereta tambahan. Sasarannya adalah para penumpang KA saat long weekend.

Sesuai dengan rencana, KA tambahan itu beroperasi mulai Senin (24/4) untuk jalur Stasiun Surabaya Gubeng– Jakarta Gambir. Kereta kelas eksekutif dengan rangkaian tujuh gerbong tersebut memiliki kapasitas total 350 seat. Jam keberangka­tan dijadwalka­n pukul 17.40.

Selain mengoperas­ikan KA tambahan, PT KAI Daop 8 menambah gerbong KA Sancaka Pagi dengan rute Surabaya Gubeng– Jogjakarta. Penambahan satu gerbong tersebut akan memperbesa­r kapasitas menjadi 106 seat. Sementara itu, untuk KA Gajayana Malang/Gambir, penambahan satu gerbong bertujuan memperbesa­r kapasitas hingga 50 seat.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Gatut Sutiyatmok­o menyatakan, KA tambahan diharapkan dapat meningkatk­an kenyamanan penump ang. Apalagi, destinasi Jakarta dan Jogjakarta memang paling diminati. Karena itu, pengoperas­ian KA tambahan dan penambahan gerbong dilakukan untuk trek favorit tersebut. ’’ Yang jelas, tidak perlu khawatir kehabisan tiket karena kami menambah kapasitas,’’ katanya.

Sementara itu, lanjut Gatut, saat ini masih banyak tiket KA tambahan untuk Lebaran. Namun, untuk tanggal favorit, yakni H- 2 atau H+ 3, tiket memang sudah habis. ’’ Pas hari H masih banyak kok,’’ jelas Gatut. Karena itu, dia me ngim bau masyarakat me ngg eser jadwal ke berang katan dan segera memesan tiket.

Namun, jika calon penumpang masih mengingink­an jadwal keberangka­tan tersebut, Gatut menyaranka­n mereka mengecek server penjualan tiket KAI secara berkala. ’’Barangkali ada yang mem- batalkan. Tapi, kemungkina­nnya kecil,’’ ungkapnya.

Gatut juga mengimbau masyarakat mencari alternatif rute KA. Misalnya, berangkat dari stasiun di kota lain. Hal itu dapat menjadi pilihan apabila tiket KA dengan jalur yang diinginkan habis.

Gatut juga menyampaik­an, untuk masyarakat yang ingin membawa pulang motor ke kampung halaman, masih ada program Motor Gratis alias Motis. Itu adalah fasilitas angkutan bagi motor yang ingin dikirim ketika mudik Lebaran. Menurut Gatut, saat ini kuota yang disediakan belum terpenuhi. Karena itu, masyarakat diharapkan segera mendaftar jika ingin mengikuti program tersebut. ’’Bisa daftar langsung atau lewat online,’’ ujar Gatut. Pendaftara­n langsung dilayani di Stasiun Pasar Turi, Babat, dan Bojonegoro. Sementara itu, pendaftara­n via online bisa diakses melalu web si tem udik gratis. dep h u b. go.id. (kik/c23/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia