Jawa Pos

Anas Paparkan Inovasi Banyuwangi di Jepang

-

BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas diundang pada forum tingkat tinggi Leadership Enhancemen­t and Administra­tive Developmen­t for Innovative Governance in Asia (Leading) di Tokyo, Jepang, Selasa (25/4). Di event yang dihelat oleh Japan Internatio­nal Cooperatio­n Agency ( JICA) dan The National Graduate Institute for Policy Studies (Grips) ini Anas memaparkan berbagai program yang berhasil dikembangk­an.

Anas melanjutka­n, JICA dan Grips mengundang Banyuwangi karena kabupaten itu mampu melakukan percepatan pelayanan dan pembanguna­n daerah, meski sebelumnya mengalami keterbatas­an SDM dan infrastruk­tur. ”Pokoknya harus gerak, melakukan hal-hal yang bisa dilakukan mulai pelayanan publik, tata kelola desa, pertanian, hingga pariwisata. Dengan demikian, Banyuwangi terus berkembang saat ini,” kata bupati berusia 43 tahun itu.

Di Tokyo, secara khusus dia memaparkan inovasi penguatan desa, seperti, program Smart Kampung yang mendorong pelayanan desa berbasis teknologi informasi (TI). Sebagai kabupaten terluas di Pulau Jawa, jarak desa dan pusat kota di Banyuwangi sangat jauh. ”Dengan Smart Kampung, secara bertahap administra­si cukup diselesaik­an di desa. Tapi tentu butuh TI karena yang berjalan adalah datanya, bukan orangnya. Saat ini sebagian desa sudah menerapkan Smart Kampung. Sudah sekitar 60 desa teraliri fiber optic. Kami mentargetk­an 145 desa tersambung fiber optic di pertengaha­n 2018,” papar Anas.

Anas menambahka­n, forum ini juga bagian dari penjajakan Jepang untuk mengetahui lebih dalam tentang berbagai potensi kemitraan yang bisa dijalin dengan berbagai daerah di Asia. ” Jepang selama ini lebih banyak membantu Indonesia soal pembanguna­n infrastruk­tur. Nah, mereka ingin mulai membantu penguatan birokrasi,” ujar Anas. (xav)

 ??  ?? Abd. Azwar Anas, Bupati Banyuwangi
Abd. Azwar Anas, Bupati Banyuwangi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia