Jawa Pos

Obama Hindari Bahas Trump

-

CHICAGO – Barack Obama kembali ke hadapan publik. Senin (24/4) dia tampil sebagai pembicara di University of Chicago. Itu merupakan penampilan publik perdananya setelah tidak lagi menjabat presiden. Sebagaiman­a saat masih menjadi penguasa Gedung Putih, kata-kata tokoh 55 tahun tersebut tetap mampu membius audiens.

’’Apa saja yang terjadi selama saya tidak ada?’’ ujar suami Michelle LaVaughn Robinson tersebut di awal acara. Pada Senin siang, dia duduk di antara enam tokoh muda Chicago dan memandu perbincang­an bertema organisasi kepemudaan. Tapi, sampai acara berakhir dan Obama turun dari panggung, tidak satu komentar pun terlontar tentang Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Menurut jubir tim penasihat Obama, absennya segala hal terkait dengan Trump dari dialog di Logan Center for the Arts itu bukanlah hal yang tidak disengaja. Sejak menyatakan kesediaann­ya menjadi pembicara di salah satu kampus terbaik dunia tersebut, Obama memang mengajukan syarat untuk tak membahas Trump. ’’Saat ini berkomenta­r tentang politik atau kebijakan penerusnya sangatlah tidak bijak,’’ kata sang jubir.

Jika dibandingk­an dengan kota-kota lain di Negeri Paman Sam, Chicago jelas punya tempat istimewa di hati Obama. Sebab, di kota terbesar di Negara Bagian Illinois itulah bapak dua putri tersebut memulai karir politiknya. Bersama keluargany­a, dia juga sempat menjadi penduduk Chicago selama 16 tahun. Rencananya, di kota itu pula berdiri perpustaka­an kepresiden­an Obama. (Reuters/newyorktim­es/hep/c22/any)

 ??  ?? MASIH DIRINDUKAN: Mantan Presiden AS Barack Obama berpidato untuk kali pertama setelah lengser di Chicago, Senin (24/4). KAMIL KRZACZYNSK­I/REUTERS
MASIH DIRINDUKAN: Mantan Presiden AS Barack Obama berpidato untuk kali pertama setelah lengser di Chicago, Senin (24/4). KAMIL KRZACZYNSK­I/REUTERS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia