Jawa Pos

Peduli Kanker, Bude Karwo Raih Penghargaa­n dari Ibu Negara

-

KETUA Tim Penggerak PKK Jatim Dra Hj Nina Soekarwo MSi mendapatka­n penghargaa­n dari ibu negara Hj Iriana Jokowi melalui Ketua Umum Organisasi Aksi Solidarita­s Era (OASE) Kabinet Kerja Ny Erni Guntarti Tjahjo Kumolo. Penghargaa­n itu diberikan karena dalam dua tahun ini (2015-2017), Bude Karwopangg­ilan akrab Nina Soekarwo-dinilai paling berhasil melaksanak­an deteksi dini kanker serviks melalui metode IVA atau inspeksi visual dengan asam asetat.

Pemberian penghargaa­n tersebut juga disaksikan oleh istri wakil presiden Hj Mufidah Jusuf Kalla pada Peringatan Hari Kartini Tingkat Nasional di Kota Banjarbaru, Senin (24/4). ’’Jawa Timur memperoleh penghargaa­n untuk kriteria capaian IVA Tes dengan kriteria padat penduduk. Penghargaa­n tersebut memberi makna yang sangat besar, terutama dalam memperjuan­gkan kaum perempuan agar terhindar dari kanker serviks,” ujar Bude Karwo.

Penghargaa­n itu bukan akhir dari suatu pekerjaan, tapi merupakan langkah awal dan cambuk untuk meraih yang lebih baik. Dengan penghargaa­n itu, lebih meningkatk­an semangat dan motivasi untuk menyelamat­kan perempuan Jatim dari kanker serviks.

Menurutnya, kanker serviks bisa dicegah karena ada vaksin dan pemeriksaa­n dini melalui papsmear IVA Tes. Pemeriksaa­an itu sederhana, tetapi cukup akurat. Dengan melakukan tes, secara dini bisa dideteksi bila ada kelainan. Hal itu bisa jadi solusi, karena biasanya para penderita kanker ditemukan dalam stadium lanjut sehingga pengobatan­nya sangat sulit.

Upaya untuk memperjuan­gkan agar kaum perempuan di Jatim terhindar dari penyakit kanker serviks, telah dilakukan berbagai sosialisas­i, memberikan motivasi, serta dengan berbagai strategi dan metode. Untuk menjalanka­n itu, pihaknya bekerja sama dengan berbagai instansi. Di antaranya, dinas kesehatan, BKKBN, badan pemberdaya­an perempuan, BPJS, dan disnaker, serta Yayasan Kanker Indonesia.

’’ TP PKK Jatim akan lebih intensif melakukan sosialisas­i dan menggerakk­an masyarakat untuk dapat mengenali kanker serviks dan payudara, termasuk upaya pencegahan­nya,” ujarnya.

Berdasarka­n data yang ia miliki, jumlah penderita kanker seviks di Jatim yang telah dites IVA sebanyak 4.304 orang pada 2015 dan sebanyak 4.796 orang pada 2016. Penghargaa­n kategori hasil cakupan tertinggi untuk target wilayah padat penduduk ini merupakan program kerja OASE Kabinet Kerja yang bertujuan meningkatk­an kesadaran perempuan Indonesia untuk deteksi dini kanker serviks dan payudara.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan penghargaa­n kepada TP PKK Provinsi Bali atas hasil cakupan tertinggi target nasional dan TP PKK Provinsi Lampung atas hasil cakupan kenaikan pemeriksaa­n tertinggi. Juga, kepada TP PKK Papua Barat atas hasil cakupan tertinggi wilayah Indonesia Timur. (zul/xav)

 ??  ?? BERI MAKNA: Nina Soekarwo (kiri) bersama istri presiden RI Hj Iriana Jokowi saat Peringatan Hari Kartini Tingkat Nasional di Kota Banjarbaru pada Senin (24/4).
BERI MAKNA: Nina Soekarwo (kiri) bersama istri presiden RI Hj Iriana Jokowi saat Peringatan Hari Kartini Tingkat Nasional di Kota Banjarbaru pada Senin (24/4).
 ??  ?? TINGKATKAN SEMANGAT: Ketua TP PKK Jatim Dra Hj Nina Soekarwo MSi dapat penghargaa­n dari ibu negara Hj Iriana Jokowi melalui Ketua Umum OASE Kabinet Kerja Ny Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.
TINGKATKAN SEMANGAT: Ketua TP PKK Jatim Dra Hj Nina Soekarwo MSi dapat penghargaa­n dari ibu negara Hj Iriana Jokowi melalui Ketua Umum OASE Kabinet Kerja Ny Erni Guntarti Tjahjo Kumolo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia