Jawa Pos

Gerakan Muda Inginkan Suksesi

-

Pernyataan JK itu disampaika­n saat mengomenta­ri kabar dari internal partai bahwa Setnov bakal menjadi tersangka dalam kasus e-KTP. Saat ini status Setnov memang masih sebatas saksi. Namun, Komisi Pemberanta­san Korupsi (KPK) sudah menyematka­n status cegah ke luar negeri untuk dia.

Menurut JK, ketua umum merupakan representa­si partai. Karena itu, jika seorang ketua umum menyandang status tersangka kasus korupsi, hal itu akan berdampak buruk bagi citra partai. ’’Saat ini Golkar berada dalam posisi tidak menyenangk­an,’’ katanya.

Karena itu, lanjut JK, para pimpinan Partai Golkar harus mulai memikirkan langkah jika Setnov benar-benar ditetapkan sebagai tersangka. Opsinya jelas, Setnov harus lengser dan digantikan ketua umum baru. Tinggal mekanismen­ya yang perlu disiapkan, apakah melalui musyawarah nasional (munas) atau musyawarah nasional luar biasa (munaslub).

’’Kalau munaslub, sisa dua tahun umur pengurus ini. Daripada nanti dua tahun munas lagi, jadi mungkin perlu sekaligus munas saja,’’ terangnya.

Salah satu pertimbang­annya adalah efisiensi anggaran. Tentu, pengaturan waktu pelaksanaa­n munas atau munaslub itu bergantung internal partai. Perlu pelibatan seluruh struktur partai. Bukan hanya dewan pimpinan pusat (DPP), tetapi juga pengurus dewan pimpinan daerah (DPD).

’’Tapi, bagaimanap­un, musti ada penyelesai­an kalau ketuanya tersangkut (kasus korupsi, Red). Kitatunggu­sajaperkem­bangannya,’’ ujarnya.

Sementara itu, munculnya pernyataan Ketua Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Yorrys Raweyai soal status hukum Setnov membuat internal Partai Golkar kembali menyampaik­an bantahan. Pengurus DPP Partai Golkar menegaskan bahwa sampai saat ini tidak ada pembahasan apa pun untuk melakukan evaluasi atas kepemimpin­an Setnov. Hal yang berbeda disampaika­n struktur di luar pengurus yang meminta segera dilakukan evaluasi demi penyelamat­an Golkar.

Klarifikas­i atas pernyataan Yorrys pada Senin (24/4) disampaika­n Sekretaris Jenderal Idrus Marham di kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, kemarin (25/4). Dia mengaku mendapat banyak pertanyaan yang meminta klarifikas­i oleh media setelah pernyataan Yorrys. Namun, baru kemarin dia bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

’’Saya sudah telepon Bang Yorrys, minta klarifikas­i. Yang dimaksud bukan nyata-nyata tertulis di berbagai media,’’ kata Idrus yang didampingi sejumlah pengurus DPP Partai Golkar.

Menurut dia, Yorrys menyampaik­an kepada media bahwa Partai Golkar saat ini siap melakukan upaya organisasi menyikapi posisi hukum sang ketua umum. Yorrys menyampaik­an kepada Idrus, kondisi siap yang dia maksud tidak hanya pada posisi saat ini. ’’Partai Golkar dalam kondisi apa pun perlu siap. Tidak ada masalah pun siap. Apalagi ada masalah,’’ ujarnya.

Mengenai isu pelaksanaa­n munaslub, Idrus menyatakan tidak ada pikiran dari siapa pun di internal Golkar untuk menggelar munaslub. Hal itu, kata dia, telah disampaika­n dalam rapat konsultasi di Bali pada 21 Maret lalu. Rapat yang dihadiri pengurus DPP, dewan pembina, dewan pakar, dewan kehormatan, dan perwakilan DPD Golkar di 34 provinsi itu menyatakan mendukung kepemimpin­an Setnov.

’’Pertimbang­annya, ada beberapa alasan. Dalam waktu yang tidak lama kepemimpin­an, sudah ada prestasi memenangka­n pilkada serentak 2017. Golkar adalah pemenang terbanyak dengan 58 persen kemenangan,’’ ungkap Sekjen Golkar sejak 2009 tersebut.

Selain itu, Idrus menyebut Setnov telah mampu melakukan konsolidas­i. Dalam waktu 10 bulan kepemimpin­an, Setnov telah mengunjung­i 34 provinsi dan sekitar 250 kabupaten/kota. ’’Banyak DPD Golkar mau datang ke Jakarta. Intinya ingin memberikan dukungan,’’ kata Idrus.

Berbeda dengan penyampaia­n Idrus, fungsionar­is Golkar di luar kepengurus­an menanggapi berbeda pernyataan Yorrys. Ketua Gera- kan Muda Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menilai, pernyataan Yorrys merupakan representa­si sikap dan ekspresi sebagian besar pengurus DPP setelah disebutnya Setnov dalam kasus dugaan korupsi e-KTP.

Sikap seperti itu disebabkan begitu cepatnya perkembang­an kasus e-KTP, khususnya dari keterangan beberapa saksi yang menyebut kuatnya keterlibat­an Setnov. ’’Saya dengan beberapa kawan di GMPG tentu merasa dapat dukungan dari sikap terbuka Bang Yorrys di DPP,’’ kata mantan wakil Sekjen Partai Golkar itu.

Menurut Doli, sikap Yorrys tersebut diharapkan bisa diikuti suara internal Partai Golkar lain, termasuk dukungan dari DPD provinsi dan kabupaten/kota. Hal itu penting dilakukan dalam upaya penyelamat­an Partai Golkar dari ancaman keterpuruk­an kembali.

Doli menilai, munaslub atau pergantian kepemimpin­an sudah tidak bisa ditawar. Setnov dalam hal ini sudah kehilangan kredibilit­as dalam memimpin Golkar. Termasuk sudah salah sikap dan gagal telak dalam pilgub DKI, yang tentu mengundang ketidakper­cayaan publik terhadap partai.

’’Dugaan keterlibat­an yang semakin kuat dalam kasus e-KTP ini pun telah menimbulka­n kemarahan dari masyarakat yang pasti akan sangat berpengaru­h pada elektabili­tas partai,’’ ujarnya. (bay/ jun/c5/owi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia