Jawa Pos

Nilai Unas Masuk Data SNM PTN

Siang Ini Pengumuman via Website

-

JAKARTA – Waktu yang ditunggu-tunggu 893 ribu pendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) akhirnya tiba. Siang nanti (26/4) pukul 14.00 kelulusan SNM PTN diumumkan melalui website pengumuman.snmptn.ac.id. Selain itu, pengumuman kelulusan dilansir di laman 12 PTN.

Ketua Umum Panitia SNM PTN Ravik Karsidi menjelaska­n, jumlah pendaftar SNM PTN tahun ini mencapai 893.323 orang. Mereka tersebar di 18.002 unit sekolah. Jumlah pendaftar tahun ini lebih banyak dibandingk­an 2016 yang tercatat 645.202 orang. Menurut Ravik, jumlah pendaftar bertambah karena, antara lain, penambahan kampus maupun prodi baru.

Terkait dengan statistik kelulusan, Ravik belum bersedia memberikan penjelasan. Rencananya, hari ini panitia SNM PTN secara resmi mengumumka­n hasil penilaian kepada publik. ”Harap bersabar. Peserta bisa melihat sendiri pengumuman­nya besok (hari ini, Red) pukul 14.00,” jelasnya kemarin.

Tahun lalu jumlah pendaftar yang lulus SNM PTN mencapai 115.178. Untuk SNM PTN 2015, peserta yang lulus berjumlah 137.005. Meski belum ada informasi resmi, kuota lulus SNM PTN tahun ini masih berada di kisaran 100 ribu kursi.

Untuk mengantisi­pasi akses yang lambat karena tingginya traffic, panitia membuka banyak jalur pengumuman SNM PTN ( mirroring). Di antaranya, website SNM PTN milik ITS, Unair, ITB, UGM, dan UI. Juga di laman SNM PTN milik Unhas, Unand, Unsyah, serta IPB.

Terkait dengan penilaian SNM PTN, Ravik menyatakan tetap menggunaka­n angka rapor dan prestasi akademis siswa lainnya. Selain itu, Ravik menjelaska­n bahwa semua pendaftar SNM PTN harus ikut ujian nasional (unas) 2017. Terkait dengan bobot nilai unas, Ravik mengatakan bahwa hal itu diserahkan ke rektor perguruan tinggi negeri masing-masing.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbu­d Nizam menjelaska­n, secara formal memang tidak ada kegiatan penyerahan nilai unas kepada panitia SNM PTN. Tetapi, secara sistem, sudah ada koneksi data antara panitia pusat unas dan SNM PTN. Dengan begitu, nilai unas yang selesai ditetapkan langsung masuk ke basis data panitia SNM PTN.

Guru besar UGM Jogjakarta itu mengatakan, Kemenriste­kdikti berencana memanfaatk­an nilai unas dengan lebih besar. Jadi, bukan hanya seleksi jalur SNM PTN yang memanfaatk­an nilai unas. Untuk seleksi lain, setiap PTN juga bisa menggunaka­n nilai unas sebagai pertimbang­an kelulusan. (wan/c11/oki)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia