Jawa Pos

SATU-SATUNYA CARA MENEGAKKAN KEPALA

-

MUENCHEN – Musim ini sungguh kelabu bagi wakil Jerman di ajang Eropa.

Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund terhenti pada perempat final Liga Champions. Schalke 04 melengkapi kegagalan tersebut di Europa League. Konsekuens­inya, ajang domestik kini menjadi pelampiasa­n.

Di Bundesliga, Bayern kini unggul delapan poin (70-62) atas RB Leipzig dengan empat

tersisa. Hal itu berarti FC Hollywood –julukan Bayern– butuh dua laga lagi untuk mengunci gelar. Walhasil, hanya semifinal DFB Pokal melawan Borussia Dortmund di Allianz Arena dini hari nanti satusatuny­a cara instan untuk menegakkan kepala.

Bertajuk Der Klassiker, kedua tim seolah mendapat alasan tepat untuk dari sakit hati atas kegagalan di Liga Champions. Musim ini, Bayern dan Dortmund saling mengalahka­n di Bundesliga. Kemenangan 1-0 lewat gol Pierre-Emerick Aubameyang di Signal Iduna Park (20/11) dibalas Philipp Lahm dkk dengan skor 4-1 di Allianz Arena pada 8 April lalu.

Dengan laga dimainkan di Allianz Arena, Bayern sejatinya diuntungka­n. Sepanjang musim ini, atau dalam 23 laga, hanya CARLO ANCELOTTI

Real Madrid yang mampu meruntuhka­n keangkeran stadion berjuluk Schlauchbo­ot (Perahu Karet) tersebut. Yakni saat menang 2-1 dalam pertama perempat final Liga Champions (13/4).

Hanya, kemenangan Real ’’terbantu’’ dengan kartu merah Javi Martinez ditambah absennya bomber utama, Robert Lewandowsk­i. Dini hari nanti, Bayern Carlo Ancelotti bisa memainkan komposisi terbaik minus kiper Manuel Neuer yang cedera dan David Alaba yang mengalami tertarik otot di lutut kiri, tampaknya, bakal dipaksakan. ’’Kami sangat berharap dia (Alaba) fit saat hari H pertanding­an,’’ kata Ancelotti di

situs resmi Bundesliga.

Ancelotti menambahka­n, Bayern punya spirit tersendiri untuk ber main habishabis­an di DFB Pokal. Yakni, untuk kapten Bayern Philipp Lahm yang pensiun musim panas nanti. Lahm, 33, kini sudah mengoleksi enam trofi DFB Pokal. ’’Dia sudah membuat keputusan (pensiun) dan kami terus menggodany­a (untuk menunda pensiun). Seperti me ya kin kan dia untuk bermain di lini tengah sehingga dia tidak akan banyak berlari,’’ beber Carletto, sapaan akrab Ancelotti. ’’Saya harap dia mengakhiri karir dengan cara terbaik,’’ tandasnya.

Bayern sebagai juara bertahan dan berstatus tuan rumah memang favorit. Tetapi, Dortmund tetap berpotensi memupus ambisi klub asal Bavaria itu. Setidaknya, Die Borussen –sebutan Dortmund– lebih dulu jika dibandingk­an dengan Bayern THOMAS TUCHEL pasca tersisih di Liga Champions.

Akhir pekan lalu (22/4), Dortmund berhasil menang 3-2 di kandang Borussia Moenchengl­adbach ketika Bayern tertahan 2-2 oleh FSV Mainz 05 di Allianz Arena.

Bintang Dortmund Marco Reus di situs remi klub menyatakan bahwa DFB Pokal adalah pertaruhan segalanya. Bukan semata satu-satunya peluang gelar terakhir musim ini, melainkan juga unfinished business. Dalam tiga edisi sebelumnya, Reus membawa Dortmund melaju sampai final, tetapi selalu gagal merebut juara.

’’Kami berada di semifinal karena kami ingin melangkah sampai ke final, lalu merebut juara,’’ ucap pemain terbaik Bundesliga dua kali tersebut. Meski lawannya adalah Bayern, Reus meyakini Dortmund tidak menjadi pecundang. ’’Kami sudah membangun kepercayaa­n diri dengan menang atas Gladbach. Kami harus menunjukka­n kekuatan terbaik kami,’’ imbuhnya. ( dra/c19/dns)

 ?? JAYMAFOTOG­RAFIA MICHAELA REHLE/REUTERS ?? spieltag move on leg
JAYMAFOTOG­RAFIA MICHAELA REHLE/REUTERS spieltag move on leg

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia