Jawa Pos

Faktanya Overtaking Makin Jarang

-

SOCHI – Dampak perubahan regulasi bentuk mobil dan ban pada Formula 1 tahun ini mulai terlihat. Salah satu yang paling kentara adalah berkurangn­ya jumlah manuver overtaking dalam tiga balapan pertama F1.

Autosport kemarin merilis sebuah data menarik. Dalam tiga seri awal F1 musim ini, total ba ru terjadi 65 kali overtaking. Hal itu sangat berkurang jika di ban dingkan dengan musim lalu. Dengan sirkuit yang sama ( Australia, Tiongkok, dan Bah rain), tahun lalu terjadi 220 kali overtaking dalam tiga balapan per tama tersebut.

Bintang Muda Red Bull-TAG Heuer Max Verstappen tahun lalu memecahkan rekor overtaking terbanyak dalam semusim. Saat itu dia melakukan 78 kali overtaking. Pada akhir musim, pembalap asal Belanda itu finis di urutan kelima dengan mengumpulk­an 204 poin.

Verstappen pun mengungkap­kan perasaanny­a terkait dengan fakta baru mengenai overtaking tersebut. ” Tahun ini (melakukan overtaking) lebih sulit. Tapi, tidak terlalu buruk,” jelas pembalap 19 tahun itu.

Namun, dia juga menyatakan, melakukan overtaking musim ini lebih menyenangk­an. Sebab, para pembalap ha rus bekerja lebih keras untuk menggerakk­an kemudi. Meski demikian, regulasi baru mobil F1 tahun ini tersebut tetap punya manfaat lebih signifikan dalam performa mobil. Aspek downforce dan ban yang lebih lebar membuat mobilmobil F1 lebih kencang dan stabil saat melibas tikungan. Selain itu, jarak pengereman lebih pendek.

”Tahun ini DRS tidak seberapa membantu,” kata Verstappen. DRS sendiri adalah alat yang g dipasang di sayap belakang g mobil F1 untuk membuka sebagai jalan angin. Itu diilakukan untukk mem per mu dah h mobil melaju lebihih kencang dan lebihih memung kin kan an untuk melakukan an manuver menyalip dengan meemecah angin lebih signifikan.

”Di Tiongkok kemarin, kamumu mendapat lebih banyak keseeruan. Sebab, di sana, kamumu tidak memerlukan banyak DRS RS untuk melakukan ungkap Verstappen.

Di balapan Tiongkok tersebut,ut, dia sukses naik podium denganan finis ketiga. Posisi satu dan duaua diisi Lewis Hamilton dan Sebasastia­n Vettel. (irr/c23/nur)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia