Jawa Pos

Ajak Adik Kelas Berdonasi Buku

-

SURABAYA – Begar Ramadhan Muhammad Nur tampak bersemanga­t ketika bermain boling sederhana di halaman sekolahnya. Dua tiket yang didapat setelah menukarkan buku langsung dihabiskan untuk permainan tersebut. Tampaknya, dia kali pertama bermain boling.

Sayangnya, Begar hanya mempunyai dua tiket. ’’Kalau mau main lagi harus mengumpulk­an buku dulu,’’ tuturnya. Kemarin (25/4) siswa SMA SAIM mengadakan kegiatan pengumpula­n buku di halaman sekolah. Untuk menarik minat adik-adik kelasnya, mereka membuat permainan tradisiona­l yang kini jarang dimainkan. Di antaranya, lempar botol (boling), engklek, lempar cincin, dan lempar kaleng.

Syaratnya mudah. Adik-adik kelas mengumpulk­an minimal satu buku kepada panitia. Dengan begitu, mereka akan mendapatka­n dua tiket bermain. Bagi yang mengumpulk­an lebih dari satu, jumlah tiket bisa digandakan sesuai jumlah buku yang dikumpulka­n. ’’Ada hadiah menarik juga seperti alat-alat tulis dan jajan. Mereka boleh pilih mau yang mana,’’ kata Ahmad Tsaqib Arifudin, ketua panitia Hari Buku.

Arif menjelaska­n, kegiatan tersebut sengaja diselengga­rakan untuk memperinga­ti Hari Buku yang jatuh pada 23 April lalu. Buku-buku itu nantinya disumbangk­an ke sekolah lain yang membutuhka­n. Saat ini sasaran utamanya adalah SD Negeri Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Rencananya, buku-buku sumbangan itu diserahkan ke SDN Ranupani Mei mendatang. Selain buku, para siswa SAIM mengumpulk­an dana dari sponsor. ’’Kalau dananya cukup, mau digunakan untuk perbaikan fasilitas dan gedung sekolah di sana,’’ kata Febriana Adam, penanggung jawab kegiatan Hari Buku. (ant/c15/jan)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? ANTRE YA: Begar Ramadhan (kanan) dan kawan-kawannya mengumpulk­an buku bekas untuk didonasika­n.
DIPTA WAHYU/JAWA POS ANTRE YA: Begar Ramadhan (kanan) dan kawan-kawannya mengumpulk­an buku bekas untuk didonasika­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia